Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dahsyatnya ”Tarikan dan Goyangan” Yamaha Aerox

Donny Apriliananda - Kamis, 21 Januari 2016 | 16:41 WIB

Bogor, Otomania – Tampang sporty dan racy Yamaha Aerox 125LC seharusnya didukung dengan performa mesin yang mumpuni. Ini sudah ditegaskan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berkali-kali, dan nyatanya, mereka cukup berani memberi taglineLife is a Race” dan mengadakan peluncuran di sirkuit.

Bekal awal adalah mesin 125 cc berpendingin cairan. Kabarnya, mesin ini sedarah dengan milik Xeon RC dan GT 125 Eagle Eye, namun mendapat penyesuain baru. COO YIMM Dyonisius Beti sudah menjelaskan di awal, bahwa pengembangan mesin ini diutamakan untuk mendapatkan torsi berlimpah di putaran bawah-menengah.

Kaget juga saat digeber pertama kali, responsif abis. Bahkan saat kecepatan sudah mencapai 50-60 kpj, Otomania.com coba kembali memutar handel gas lebih dalam, dan sepeda motor tetap menyalak. Kelemahannya hanya pada putaran atas, yang tak bisa mengimbangi putaran menengah.

Karena sesi tes dilakukan di sirkuit besar macam Sentul, kesannya sepeda motor tidak bisa lari kencang. Namun saat melihat spidometer, tiba-tiba kecepatan sudah menyentuh angka 100 kpj, bahkan tembus 110 kpj jelang tikungan ”S kecil”.

Karena jarak bodi ke tanah cukup tinggi, Otomania.com cukup pede mengajak Aerox 125LC menikung ”mepet aspal”, meski tak terlalu ”rebah”. Beberapa kali standar tengah mententuh aspal saat menikung stabil di kecepatan antara 70-80 kpj. Ban belakang lebar juga sangat membantu.

Lincah
Ujian selanjutnya, menaklukkan ratusan cone yang ditata sedemikan rupa di trek lurus Sirkuit Sentul, atau bisa disebut gymkhana. Inilah tes kelincahan yang juga disebut-sebut sebagai keunggulan mutlak dari Aerox 125LC.

Saat melewatinya, kesan yang didapat sangat enteng. Apalagi, bobotnya cuma 102 kg. Dukungan ban belakang lebar ukuran 100/70 membantu menstabilkan sepeda motor, sementara ban depan kecil ukuran 70/90 memberi efek mudah digerakkan.

Buat berkendara lincah sehari-hari, dan sekali-kali butuh untuk melaju kencang, skutik ini bisa jadi pilihan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa