Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mengetahui Setelan Pembakaran pada Motor Injeksi

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 17 Januari 2016 | 08:00 WIB

Jakarta, Otomania –
Mesin sepeda motor saat ini sudah semakin canggih, di mana semua aktivitas mesin sudah terkomputerisasi dengan Electronic Control Unit (ECU). Penyetelan mesin juga sudah tidak perlu berjibaku lagi dengan oli, cukup menggunakan komputer saja.

Penyetelan di sini salah satunya terkait dengan pengapian, atau pencampuran antara bahan bakar minyak (BBM/bensin) dan udara. Ini jadi hal penting, bahkan berpengaruh terhadap performa kendaraan. Pada sistem injeksi, terdapat aksesori yang bisa melihat kondisi ini, yaitu Air Fuel Ratio Meter (AFR Meter).

Yongki Vincentius, Staff Research and Development TDR Industries mengatakan, piranti ini bisa memberikan informasi kepada biker terkait dengan kondisi di ruang bakar pada mesin injeksi,  salah satunya yaitu dari Koso Mini 3 A/F Ratio.

“Ini digunakan untuk mengetahui hasil pembakaran mesin dengan cepat dan mudah. Nantinya jika hitungan perbandingan tidak sesuai, sepeda motor bisa dibawa ke mekanik terpercaya untuk disetel kembali AFR-nya,” ujar Yongki kepada Otomania, Selasa (5/1/2015).

Yongki melanjutkan, AFR meter ini bisa digunakan untuk semua sepeda motor dan pemasangannya juga bisa dilakukan di TDR Technology Center. Tidak perlu khawatir, garansi juga diberikan selama tiga bulan.

Koso Mini 3 Meter A/F Ratio Sensor untuk Yamaha Rp 1.210.000
Koso Mini 3 Meter A/F Ratio Sensor untuk Honda Rp 1.210.000

TDR Technology Center
Jalan Swadaya IV Nomor 9
Cakung, Jakarta Timur
021 – 4600030

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa