Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Pasang Ban Baru, Perhatikan ini

Stanly Ravel - Jumat, 8 Januari 2016 | 16:25 WIB

Jakarta, Otomania
- Memberikan kesan baru pada sepeda motor bisa diawali dengan mengganti ban baru. Selain membuat motor jadi lebih segar, dengan ban baru berkendara bisa lebih aman dan nyaman.

Saat akan memilih ban baru, jangan hanya melihat dari segi corak dan merek saja, tapi pengguna motor juga wajib melirik kode tahun produksi ban yang akan digunakan. Hal ini cukup penting, karena terkait dengan masalah kualitas ketika digunakan.

"Kebanyakan orang tidak memperhatikan tahun pembuatan, asal masih terbungkus baru langsung tunjuk saja. Tahun pembuatan biasanya tertera di dinding ban, ini menjadi informasi mengenai umurnya," ujar Sandi, pegawai Planet Ban Lenteng Agung kepada Otomania, Kamis (7/1/2016).


Menurutnya, untuk membaca umur ban tidak susah karena bisa dilihat langsung dari kode yang tertera. Misalkan ban dengan kode 0814, angka 08 menandakan bulan dan 14 adalah tahunnya. Dengan begitu bisa diketahui bahwa ban yang akan digunakan merupakan produksi tahun 2014 pada bulan Agustus.

"Untuk menghindari adanya masalah, sebisa mungkin jangan gunakan ban yang umurnya sudah lebih dari setahun. Biasanya akan ditawarkan dengan harga yang miring, tapi lebih baik cari yang tahun-tahun muda saja karena kualitas karetnya masih bagus," ujar Sandi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa