Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Mitsubishi Lancer dan Evolution, bagai Bumi dan Langit

Stanly Ravel - Selasa, 24 November 2015 | 07:04 WIB

Jakarta, Otomania - Beberapa generasi Mitsubishi Lancer masih menjadi incaran bagi para pecintanya di Tanah Air. Hal ini lantaran desain Lancer yang serupa dengan versi Evolution yang ada di Jepang.

Perbedaan antara Lancer dan Evolution sendiri cukup jauh dan hampir ada di setiap sektornya. Eric dari Engine Plus menjelaskan bahwa meski desain sama dari sisi ekterior tetap ada beda.

"Mirip tapi tetap beda, karena Evolution di Jepang sudah lengkap dengan bodi kit, kalau di sini standar. Sedangkan mesin dan spesifikasi lain, bagai langit dengan bumi bedanya," ucap Eric kepada Otomania Oktober lalu.

Salah satu contohnya pada generasi Lancer CK4 (GLXi dan SEi) yang biasa disebut-sebut sebagai Evolution IV. Versi Indonesia menggunakan mesin 1.600 cc dengan kode 4G92, 4 silinder segaris 16 katup SOHC yang mampu menyemburkan tenaga 110 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 137 Nm pada putaran 5.000 RPM, dan hanya dimodali penggerak roda depan.

Sedangkan untuk Evo 4 menggunakan mesin 2.0L turbocharged intercooler dengan kode 4G63T SOHC plus sistem pengerak all wheel drive (AWD). Dari sini sudah terlihat bagaimana perbedaan tenaganya.

Dari segi tampilan, Evolution 4 yang asli pun sudah dibekali dengan dua lampu kabut besar menyerupai versi mobil relinya. Sedangkan untuk Indonesia tampilanya polos saja.

Versi Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) meluncurkan generasi Lancer berkode CK4 pada pertengahan 1997 dalam dua versi, GLXi dan SEi. Mobil ini pun dirakit di Indonseia sedangkan perbedaan antara kedua tipe hanya sebatas masalah fitur saja.

"GLXi dan SEi hanya beda fitur tapi sama mesin. Yang paling mewah waktu itu SEi karena sudah pakai side skirt, spoiler belakang, dan lain sebagainya," ucap Imam Choeru Cahya, Group Head MMC Sales Group and MMC Marketing Division kepada Otomania, Jakarta (15/10/2015).

Saat diluncurkan, KTP pun menyediakan beberapa pilihan warna, seperti hitam, putih, Roanne Red Mica, Satellite Silver Mica Metallic, Amery Blue Pearl, Kielder Green Pearl, dan Moonlight Blue Mica.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa