Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Periksa “Bearing” Roda yang Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 17 November 2015 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania –  
Meski kecil ukurannya, bearing pada as rodasangat berfungsi untuk membuat putaran roda menjadi lancar. Jika rusak maka akan tidak nyaman ketika berkendara. Maka dari itu, perlu diperhatikan kondisinya.

Budi Nugroho, Kepala Mekanik Honda Palmerah Motor mengatakan, memang jarang ada pemilik kendaraan yang berpikiran untuk memeriksa kondisi bearing. Kebanyakan dari mereka berdasarkan feeling. Jadi ketika merasakan ketidaknyamanan saat roda berputar, mereka langsung memeriksakan ke bengkel.

“Cara seperti itu bisa juga dilakukan, menggunakan feeling. Namun, tidak semua pengendara sepeda motor memiliki kemampuan merasakan sepeda motornya dengan baik, atau bahkan benar. Jadi masih cukup kecil kemungkinan untuk menemukan kerusakan pada bearing,” ujar Budi kepada Otomania, Rabu (4/11/2015).

Budi menambahkan, usaha lain yang digunakan untuk mengecek tanda-tanda bearing perlu diganti, yaitu dengan menggoyang-goyang roda. Sepeda motor di standar dua, kemudian ban dipegang dengan mengunakan dua tangan, dari sisi sebelah kanan atau kiri sepeda motor, lalu digoyang-goyang.

“Ketika ban digerakkan ke kanan dan ke kiri (digoyang-goyang) maka akan sangat terasa ketika ada kelonggaran pada poros ban. Jika ini dirasakan, maka mengindikasikan kalau bearing sudah mengalami kerusakan. Pengujian ini bisa dilakukan untuk ban depan dan belakang,” ujar Budi.

Budi mengatakan, ini memang selalu harus dilakukan. Jangan sampai diabaikan, misalnya hingga ban bergoyang ketika sepeda motor dikendarai. Kalau sudah begitu, maka kerusakan bearing sudah parah, dan dikhawatirkan merembet ke bagian lain.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa