Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lahirnya Toyota Great Corolla di Indonesia

Aditya Maulana - Rabu, 11 November 2015 | 07:25 WIB

Jakarta, KompasOtomotif
– Toyota Great Corolla adalah kendaraan model sedan yang melegenda di era 90-an. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia pertama kali meluncurkannya pada 1992 Sebagai generasi ketujuh dari Corolla.

Hadirnya Great Corolla ini untuk menggantikan Toyota Twin Cam yang dihentikan produksinya pada 1991. Twin Cam pertama kali diperkenalkan di dunia pada 1987 sebagai generasi ke enam dari Corolla.

Pada saat itu, Great Corolla hadir dengan dua varian, pertama SE bermesin 1.300 cc, SOHC 12 katup dengan kode mesin 2E, sedangkan tipe kedua SE-G dengan mesin 1.600 cc DOHC 16 katup dan menggendong kode mesin 4AF-E.

Mesin 1.300 cc yang digunakan Great Corolla sama seperti model Twin Cam, sedangkan tipe 1.600 cc merupakan generasi terbaru yang sudah menggunakan sistem injeksi. Tapi ketika 1994, varian SE 1.3-liter ditiadakan dan semuanya dipersenjatai motor penggerak berkapasitas 1.600 cc.

Pertama kali diperkenalkan, data yang diperoleh dari TAM menyebutkan Great Corolla difokuskan kepada segmen eksekutif muda. Corolla generasi ketujuh ini memiliki tampilan berbeda dengan model sebelumnya. Bodinya lebih membulat dan elegan sehingga dijuluki Mini-Luxes di beberapa negara.

Fitur-fiturnya baik SE dan SE-G pada saat itu terbilang cukup lengkap, seperti power window, spion otomatis pada tipe SE-G dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada 1993, Great Corolla facelift  diluncurkan. Secara fisik, model tersebut dibedakan melalui lampu sein depan berwarna putih, grill motif kotak-kotak dan lampu belakang baru.

Toyota Great Corolla mampu bertahan cukup lama, terakhir TAM meluncurkannya 1998 silam dan pada 2001, TAM harus menggantinya dengan generasi ke sembilan Corolla yang disebut dengan Corolla Altis.

Tapi sampai saat ini, desain eksterior Great Corolla tidak ketinggalan zaman, maka tak heran jika masih banyak orang yang menggunakannya di Indonesia. Apalagi, para pecintanya yang tergabung dalam komunitas masih aktif dalam mengadakan kegiatan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa