Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mulai Musim Hujan, Cek Komponen Ini di Mobil Anda

Stanly Ravel - Senin, 9 November 2015 | 18:01 WIB

Jakarta, Otomania - Selain sepeda motor, mobil juga memiliki tuntutan yang harus diikuti memasuki musim penghujan. Beberapa komponen wajib diperhatikan agar saat berkendara mobil tetap aman dan nyaman.

"Untuk persiapan dasar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi ban. Saat hujan, ban yang permukaannya sudah botak akan licin atau slip saat hujan. Ini jelas berbahaya," ujar Kepala Bengkel Nissan Halim, Sugandi, saat dihubungi Otomania, Minggu (8/11/2015).

Fungsi ban memang cukup penting karena memiliki daya kerja keras. Gesekan ke aspal selama musim panas membuat materi lapisan karet terkikis. Selain ban, ada beberapa komponen lain yang juga tidak boleh dilupakan menghadapi musim hujan.

"Karet wiper, kampas rem dan lampu-lampu menjadi piranti penting saat berkendara di musim hujan. Saat melintas di hujan lebat, lampu berfungsi sebagai penanda sekaligus memaksimalkan pandangan penegemudi, dan rem juga berperan penting untuk mengurangi laju mobil, jangan sampai disepelekan karena ini faktor keselamatan utama," ucap Sugandi.


Sama dengan ban, karet wiper yang baik bisa untuk menyapu air di kaca dengan sempurna. Kemungkinan karet sudah mengeras karena mobil sering terkena sinar matahari membuat fungsinya akan berkurang, bila sudah mengalami hal ini pastikan tidak lupa mengganti wiper.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa