Musim Hujan, Perhatikan Komponen Penting di Motor

Stanly Ravel - Senin, 9 November 2015 | 11:54 WIB

Jakarta, Otomania - Seiring datangnya musim hujan, bagi pengguna sepeda motor wajib memiliki kesiapan. Bukan hanya apparel, seperti jas hujan, tapi komponen berkendara pada motor juga harus mendapat perhatian.

Ada beberapa komponen penting pada motor yang tidak boleh dilupakan apalagi diabaikan, khususnya saat musim hujan. Hal ini berkaitan erat dengan faktor keamanan dan keselamatan saat berkendara.

"Saat musim hujan ada komponen-komponen pada motor yang wajib untuk diperhatikan. Biasanya orang sering menyepelekan, tapi hal ini akan lebih fatal bila diterapkan saat berkendara dalam kondisi seperti ini (hujan)," kata Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, kepada Otomania, Sabtu (7/11/2015).

Menurutnya ada empat komponen yang sering diabaikan pengendara motor. Mulai dari ban, fungsi rem, kelistrikan lampu-lampu, dan rantai untuk motor konvensional. Padahal bila dilihat secara fungsi, keempatnya cukup vital, bahkan bukan hanya saat musim hujan saja.

"Ban dan rem menjadi komponen yang harus dicek. Saat berkendara di musim hujan pola berkendara akan berbeda dengan panas. Biasanya pengendara akan lebih aktif untuk melakukan pengereman, apalagi ketika diguyur hujan lebat, bahaya bila rem sampai tidak berfungsi atau licin karena ban yang sudah botak," ucapnya.

Menurutnya, melakukan persiapan kendaraan ketika musim hujan bukan hanya dari mesin, tapi faktor penunjang lain juga tidak boleh dilupakan. Mulai dari fungsi lampu utama, lampu rem, dan sein termasuk menjadi komponen yang penting agar pengendara lain waspada. Selain itu kondisi rantai juga harus dijaga agar tidak terhindar dari risiko di jalan raya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa