Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha R3 Kena "Recall", Bagaimana Nasib R25?

Azwar Ferdian - Kamis, 8 Oktober 2015 | 12:08 WIB

Jakarta, Otomania - Kabar tak sedap sedang merundung Yamaha di Amerika Serikat, setelah produk sepeda motor sportnya R3 ditarik dari peredaran (recall). R3 adalah model yang dikembangkan dan diproduksi di Indonesia.

Recall Yamaha YZF-R3 dikhawatirkan merembet ke produk lain yakni YZF-R25. Pasalnya, komponen yang bermasalah yakni segitiga atas juga digunakan untuk R25, dan dua-duanya diproduksi di Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM mengatakan, Kamis (8/10/2015), bahwa komponen segitiga yang berpotensi retak itu juga digunakan untuk R25. Namun dirinya menegaskan bahwa tidak ada temuan masalah untuk produk tersebut di Indonesia.

”Selama ini di Indonesia tidak ditemukan masalah yang sama di lapangan (untuk Yamaha R25). Kami juga sudah mengonfirmasi ke bagian teknik soal ini, tidak ada masalah,” ucap Masykur.

Artinya, secara tidak langsung ucapan Masykur menggambarkan recall untuk saat ini hanya terbatas di AS, dan itu pun cuma 16 unit. Belum ada investigasi lanjutan tentang kemungkinan merembetnya ke unit lain.

Soal komponen segitiga bagian atas yang bermasalah di AS, Masykur mengatakan bahwa Yamaha Indonesia siap memasok komponen baru jika memang diminta. Komponen tersebut memang dibuatan di Indonesia. ”Jika ada permintaan resmi, pasti kami layani,” ujar Masykur.

Namun jika jumlahnya hanya 16 unit sesuai berita recall, seharusnya Yamaha Motor US sudah mempunyai komponen suku cadang yang sudah mereka siapkan.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa