Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Model Yamaha R1 dengan Banderol Murah

Aris F Harvenda - Rabu, 7 Oktober 2015 | 13:49 WIB
California, KompasOtomotif — Sebagai model sepeda motor teratas dan terkencang, Yamaha R1 dibanderol dengan harga cukup mahal. Namun kali ini produsen dengan logo garputala tersebut merilis varian dengan harga lebih terjangkau.

Muncul pertama di website Yamaha Amerika Serikat (AS) dan mengusung nama YZF-R1S. Varian ini juga yang menjadi jawaban misteri nama yang dipatenkan April tahun lalu, yang menyebut adanya R1M dan R1S selain R1 "orisinal".

R1S juga didaftarkan pada lembaga yang menangani emisi di AS (CARB) beberapa bulan setelah nama dipatenkan. Belum ada yang bisa menebak, hingga akhirnya saat ini diketahui bahwa R1S menjadi bagian dari diversifikasi model Yamaha versi produksi terkencang.

Lantas, mengapa varian tersebut punya label versi murah? Ternyata Yamaha ”menyederhanakan” berbagai komponen. Hasilnya tidak mengurangi performa secara signifikan, tetapi lumayan menambah bobot.

R1S mempunyai setang piston (conecting rod /conrod) dan header pipa gas buang dari besi baja, sementara R1 dan R1M memakai titanium. Pelek dan penutup mesin pakai aluminium, sedangkan versi yang lebih mahal pakai magnesium. Hasilnya, bobot lebih berat 4 kg.

Spesifikasi lain yang tidak dipasang adalah fitur quick-shifter (komponen yang mempercepat perpindahan gigi), tetapi kontrol traksi canggih dengan inertial measurement unit (IMU) tetap disertakan.

IMU adalah peranti elektronik yang bisa menganalisis posisi sepeda motor, orientasi, kemiringan, tekanan gravitasi, menggunakan akselerometer dan giroskop serta magnetometer.

Di AS, R1S dibanderol 14.990 dollar AS (setara Rp 208 jutaan) atau lebih murah 2.000 dollar AS (27,8 jutaan) dibandingkan R1.

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : visordown

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa