Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih, Penyakit Kambuhan Pelihara Motor Honda Klasik

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 5 Oktober 2015 | 07:29 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik sepeda motor klasik khususnya Honda lansiran tahun-tahun lama, perlu diperhatikan komponen yang sering bermasalah. Ini dimaksudkan agar bisa mudah mendeteksi dan tidak bingung saat terjadi kendala di jalan. Bergabung dengan komunitas cukup penting untuk pemilik sepeda motor jenis ini.

Subhan, anak dari pendiri Honda Twin Owners Club (HTOC) yang juga mekanik spesialis sepeda motor tua mengatakan, komponen yang seringkali mengalami gangguan yaitu pada bagian platina. Selain karena usianya yang sudah tua, juga karena terkadang peyetelannya kurang pas.

“Komponen platina adalah yang kondisinya sulit ditebak, jika rusak dan mendapat yang original asalnya dari tahun 1970-an juga. Jadi ini yang harus selalu diantisipasi. Harga komponen ini Rp 200.000 untuk CB200 dan Honda Dream 250 Rp 300.000,” ujar Subhan, Sabtu (3/10/2015).

Selain itu, pria yang akrab disapa Kijo ini menjelaskan, persiapkan cadangan untuk bagian camshaft (noken as) dan rocker arm. Sehingga ketika komponen ini rusak sudah langsung ada penggantinya, tidak perlu lama lagi untuk menunggu komponennya ditemukan. Karena seringkali suku cadang ini didapat dari luar negeri, seperti Amerika dan Jerman.

“Bagian yang seringkali dicari yaitu noken as dan pelatuk (rocker arm), selain untuk cadangan juga banyak yang mengalami kerusakan, harganya juga bermacam-macam. Noken as untuk CB200 Rp 1,5 dan Honda Dream Rp 2,5 juta,” ucap Kijo.

Bagi yang ingin membetulkan kendaraan roda dua tahun lama, khususnya Honda, bisa langsung sambangi bengkel Kijo di Jalan Lebak Para Gang Pandan Alas Nomor 39X Rt 8/2, Cijantung, Jakarta Timur.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa