Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Posisi Tangan yang Benar Ketika "Nyetir"

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 1 Oktober 2015 | 07:21 WIB

Jakarta, Otomania 
— Menempatkan tangan pada kemudi ketika berkendara bukan hal sepele. Posisi tangan memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Maka dari itu, harus diperhatikan betul bagaimana posisi yang benar.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, posisi tangan yang benar dan seharusnya dilakukan, yaitu tangan kiri menggenggam kemudi pada posisi pukul 9, kemudian tangan kanan menggenggam kemudi di posisi pukul 3.

“Ini merupakan posisi dasar atau kuda-kuda tangan pada kemudi dengan rumus 9 dan 3. Posisi ini juga membuat kontrol akan kendaraan akan baik,” ujar Marcell kepada Otomania, Rabu (30/9/2015).

Marcel melanjutkan, saat melakukan olah kemudi, usahakan gunakan teknik push and pull. Maksudnya, ketika akan berbelok ke kanan, maka yang perlu dilakukan adalah pindahkan tangan kanan ke posisi jam 12 di kemudi, kemudian tarik ke posisi jam 6, lalu dilanjutkan dengan tangan kiri mendorong dari posisi jam 6 ke posisi jam 12 kemudi.

Hindari posisi tangan menyilang di atas kemudi ketika berkendara. Bila terjadi benturan, maka posisi ini bisa mengakibatkan cedera.

“Jadi perhatikan baik-baik posisi tangan pada saat berkendara sehingga kontrol terhadap mobil semakin sempurna dan bisa terhindar dari cedera,” tutur Marcell.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa