Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Posisi Duduk yang Benar Ketika Nyetir Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 28 September 2015 | 14:01 WIB

Jakarta, Otomania – Kenyamanan dan keselamatan berkendara ternyata ditentukan oleh posisi duduknya di dalam mobil. Jika posisi duduk tidak benar, maka kontrol terhadap kendaraaan berkurang. Selain itu, pastinya tubuh akan terasa lelah setelah berkendara.

Dalam modul Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) dikatakan, posisi duduk yang benar akan memberikan 3K (kenyamanan, komunikasi dan kontrol). Hal tersebut juga dsampaikan Presiden Drektur IDDC Bintarto Agung yang mengatakan, baiknya posisi duduk diatur sebaik mungkin demi kenyamanan, apalagi dalam berkendara jarak jauh.

“Meskipun kita mengemudi dalam waktu lama, banyak pengemudi yang posisi duduknya tidak benar,” ujar Bintarto, Minggu (20/9/2015).

Posisi duduk yang benar, kata Bintarto, sangat penting karena tidak hanya kenyamanan saja yang didapat, tapi juga menjaga agar mobil bisa dikendalikan dengan baik. Untuk mengetahui jarak yang cukup antara kemudi dan tempat duduk, adalah dengan menjulurkan tangan ke depan, menempatkan pergelangan tangan di titik terjauh kemudi. Dengan posisi badan tetap menempel pada bangku.

Kemudian, turunkan tangan dengan menggenggam kemudi pada posisi yang benar (posisi pukul 9 dan 3). Jika siku membentuk sudut kurang lebih 126 derajat, berarti posisi badan sudak cukup benar berada di dalam mobil.

“Bila posisi bagan dalam siku membentuk sudut landai 126 derajat dengan posisi tangan pada formasi  9 dan 3, maka pengemudi sudah siap untuk berkendara,” ujar Bintarto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa