Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Rush Siap Usung Mesin Dual VVT-i

Erwin Hutapea - Rabu, 26 Agustus 2015 | 19:21 WIB


Tangerang Selatan, Otomania
– Produsen otomotif Toyota kemungkinan besar akan menerapkan teknologi dual VVT-I ke model lain, termasuk produk hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu di Indonesia. Sport utility vehicle (SUV) Rush-Terios disebut sebagai model yang paling berpeluang.

Pada peluncuran model major change yang dilakukan minggu lalu, Avanza-Xenia telah mengusung mesin baru, yaitu dual VVT-i, 1.5L 1NR-VE, dan 1.3L 1NR-VE. Sementara model facelift Rush-Terios yang telah hadir lebih awal tetap menggunakan mesin lama Avanza-Xenia, yaitu 1.5L 3SZ-VE.

GM Technical Service Toyota Astra Motor Dadi Hendriadi mengatakan, pemakaian teknologi dual VVT-i pada Rush kemungkinan akan terjadi. “Menunggu momen saja karena sebetulnya mesinnya sama seperti Avanza,” kata Dadi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Rabu (26/8/2015).

Dalam logika sederhana, sebenarnya tidak sulit memindahkan mesin baru Avanza ke Rush, jelas Dadi. Meski begitu, ada banyak hal yang harus diteliti lebih dulu karena spesifikasinya berbeda, misalnya dilihat dari bobot kendaraan, nilai hambatan angin, Electronic Control Unit, dan sistem gerak. “Harus dievaluasi lebih dulu,” kata Dadi.

Sisi positif bila mesin dual VVT-i digunakan pada Rush jelas bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih baik. Saat Otomania menguji langsung Avanza terbaru, pengoperasian kendaraan berubah makin bisa diandalkan.

Dadi belum mau berkomentar kapan aplikasi mesin dual VVT-i pada Rush terealisasi. Namun, tentu yang menjadi catatan bukan hanya Rush yang berubah, Terios pun sepertinya mempunyai pengembangan yang sama. “Ini semua tergantung permintaan pasar Rush," ujar Dadi.

Editor : Erwin Hutapea
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa