Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mengenali Gejala Kampas Rem Habis

Stanly Ravel - Jumat, 31 Juli 2015 | 10:11 WIB
Jakarta, Otomania - Sistem pengeraman menjadi salah satu perangkat paling vital pada kendaraan. Fungsinya bukan hanya sekadar menjadi alat untuk memperlambat laju kendaraan, tetapi juga bagian dari faktor utama dalam keselamatan berkendara.

Bisa dibayangkan bagaimana sebuah kendaran yang melaju tanpa ada rem. Oleh karena itu penting untuk pemilik kendaraan memperhatikan sistem pengeraman ini, terutama mengenali kondisi kampas rem, baik pada sistem tromol atau cakram (disk brake).

Untuk mendeteksi gejala kampas rem habis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengenali secara visual, merasakan, sampai melakukan proses pengecekan bengkel untuk memastikannya. Hal ini disampaikan oleh Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Menurut Arifani, untuk mengetahui kondisi kampas rem bisa dilakukan dengan proses pengamatan secara visual. Caranya, mendeteksi lewat kondisi pelek, apakah kotor atau bersih. Biasanya, jika pada pelek depan terdapat kotoran serbuk halus hitam, ini merupakan serbuk dari kampas rem yang jatuh di pelek mobil.

"Lapisan kampas itu terbuat dari asbes, biasanya saat kita mengerem ada serbuk dari asbes yang terlepas mengotori pelek. Bila sudah tidak terlihat serbuk atau kotoran hitam pada pelek, bisa jadi salah satu indikasi kampas rem mulai aus atau menipis. Untuk lebih pasti bisa dilihat dengan membongkar ban dan memantau ketebalannya secara langsung," ucap Arifani saat saat dihubungi Otomania, Kamis (30/7/2015).

Cara kedua, bisa dilakukan dengan merasakan langsung. Pemantauan ini lebih ke pada perasaan atau feeling. Misalnya, kalau biasanya dengan menekan pedal rem di jarak tertentu mobil sudah berhenti, tetapi kali ini masih berjalan atau jarak pengereman bertambah. Gejala ini juga bisa menajdi salah satu indikator kalau kampas rem mulai tipis dan perlu diganti.

Tromol

Untuk kendaraan yang masih menggunakan rem tromol, pendeteksian sedikit lebih rumit, karena tidak bisa terlihat secara visual. Cara paling jitu adalah membongkar dan melihatnya langsung. Posisi kampas rem yang tertutup dalam tromol membuat sedikit sulit untuk memantau secara visual.

Tapi, bukan berarti tidak bisa dideteksi. Biasanya ketika kampas rem tromol menipis, ketika menginjak pedal (rem) kerap timbul suara khas, seperti mendecit. "Kalau ini terjadi, sebaiknya untuk tromol langsung dicek dan dibongkar, tapi biasanya gejala utamanya suka terdengar bunyi pada tromol," ujar Arifani.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa