Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cikampek Terapkan Sistem Lawan Arah

Stanly Ravel - Rabu, 22 Juli 2015 | 11:04 WIB
Cikampek, Otomania - Upaya mengurai kemacetan lalu lintas terus dilakukan pada ruas Tol Cikampek. Setelah keluar dari gerbang Cikopo, kendaraan arus balik akan terkena imbas kemacetan karena menumpuknya volume kendaraan di jalan. Untuk mengantisipasi ini, skenario sistem buka tutup jalan sudah disiapkan, selain itu juga metode lawan arah (contraflow), seperti yang pernah dilakukan di ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Hal ini dimaksud untuk mengurai dan mengindari terjadinya penumpukan volume kendaraan di ruas Cikampek yang dimulai dari km 61. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Posko Pengamanan Cikopo, Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar, AKBP Indra Jafar.

"Yang baru itu sistem contraflow, ini kita baru lakukan tahun ini untuk mengurai kemacetan. Meski jaraknya pendek tapi bisa mengantisipasi penumpukan. Khususnya  menghindari kemacetan mobil yang menumpuk untuk masuk ke rest area," ucap Indra saat bertemu Otomania di Rest Area Km 62, Cikampek, (21/7/2015).

Pemberlakuan contraflow, tambahnya, akan dilakukan sampai pagi hari. Hal ini karena prediksi malam nanti akan ada peningkatan lagi. Bahkan di hari berikutnya sampai dengan Jumat juga tidak menutup kemungkinan untuk terus dilakukan sistem ini.

Sedangkan pola sistem buka tutup berfungsi mencegah terjadinya penumpukan di ruas simpang susun antara arus balik dari Cikopo dan Cikampek dengan kendaraan yang dari Purbaleunyi. Dari hasil pantauan Otomania, volume kendaraan dari Bandung dan sekitarnya juga cukup deras yang mengarah masuk Tol Cikampek menuju Jakarta.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa