Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Silakan Coba "Obat" Anti-stres Saat Macet

Aris F Harvenda - Senin, 20 Juli 2015 | 09:02 WIB
Jakarta, Otomania — Arus balik Lebaran 2015 mulai bergulir. Kepadatan lalu lintas mulai menghantui para pengguna jalan yang hendak kembali ke Jakarta. Stres, kelelahan, dan kantuk karena macet membuat pengendara kehilangan konsentrasi selama mengemudi. Agar konsentrasi tidak buyar, berikut beberapa kiat dari Garda Oto yang bisa dijadikan obat anti-stress:

1. Tidur yang cukup dan berkualitas. Sebelum memulai perjalanan, pengemudi setidaknya butuh tujuh jam tidur. Kantuk membuat konsentrasi hilang dalam sekejap.

2. Jangan menyetir lebih dari dua jam. Berkonsentrasi terlalu lama pada kondisi monoton membuat saraf lelah. Sebaiknya berhenti dan beristirahat di tempat aman setiap dua atau tiga jam sekali.

3. Kurangi karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat menyebabkan rasa kantuk. Gantilah makanan yang mengandung karbohidrat dengan buah-buahan karena vitamin yang terkandung di dalamnya bisa menyegarkan badan.

4. Minum kopi dan tidur. Menurut suatu penelitian di Inggris, kombinasi dari meminum kopi kemudian tidur selama 15 menit dapat memperbaiki kemampuan dan kewaspadaan, serta mengurangi kantuk. Metode ini dipercaya ampuh karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sementara itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk bisa memengaruhi secara psikologis. Dampaknya seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.

5. Olahraga ringan. Bila dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan dan kantuk, berhentilah di tempat aman dan lakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini berfungsi melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk di dalam mobil.

6. Menyetir bergantian. Bila memungkinkan, bergantianlah mengemudi dengan orang lain setiap 2 atau 3 jam sekali.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa