Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Simak Simulasi Ini Sebelum Terobos Pelintasan Kereta

Aris F Harvenda - Selasa, 21 Juli 2015 | 13:20 WIB
London, Otomania - Demi mempersingkat waktu, terkadang pengendara mengabaikan bahaya menerobos pelintasan kereta api. Dalih jarak masih jauh tanpa menghitung kecepatan kereta, aksi nekat pun dilakukan. Kita tidak pernah tahu kapan "apes" bakal menghampiri. Bukan hanya mencelakai pengendara, penumpang kereta pun ikut terancam keselamatannya.

Top Gear, program televisi milik BBC, pernah membuat dan menyiarkan simulasi tabrakan kereta dengan mobil di salah satu pelintasan kereta di Inggris pada 2007. Terdapat sekitar 16.000 pelintasan kereta di Inggris, dan dikatakan bahwa setiap tahunnya banyak terjadi kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

Logis bila beranggapan bahwa semua orang paham dampak buruk yang bisa diterima mobil bila tertabrak kereta. Namun, sebagian besar pasti belum pernah menyaksikan kejadiannya. Tujuan dibuatnya simulasi ini untuk menunjukkan gambaran visual momen mobil saat ditabrak kereta. Dengan begitu, Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika di dalam ada penumpang.

Saat itu, Jeremy Clarkson, pembawa acara dalam video, mengatakan anggapan bahwa kecelakaan mobil di Inggris lebih banyak disebabkan oleh pengendara berusia muda yang kurang sabar. Ternyata, pengemudi usia baya justru berpeluang tiga kali lebih banyak terlibat kecelakaan.

Simulasi dalam cuplikan awal, terlihat seorang pengemudi mobil tiga roda, Reliant Robin, terekam kamera CCTV saat diserempet kereta karena ceroboh saat ingin melintas. Hanya sebagian mobil yang disenggol, tetapi terempas menjauh dari pelintasan.

Adegan berikutnya disajikan secara dramatis. Renault Espace generasi keempat yang dilabeli bintang lima Euro NCAP sengaja diletakkan tepat di jalur rel kereta. MPV itu kemudian ditabrak kereta yang melintas dengan kecepatan 110 kpj.

Dalam gerakan lambat bisa terlihat, salah satu mobil paling aman di Eropa itu hancur lebur beberapa saat setelah tumbukan terjadi. Bila ada penumpang di dalam kabin, maka bisa dipastikan ia tidak selamat.

Masih berani terobos pelintasan kereta?


Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa