Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Estimasi Biaya Pemasangan "Roofbox"

Stanly Ravel - Rabu, 8 Juli 2015 | 14:02 WIB
Jakarta, Otomania - Perjalanan mudik ke kampung halaman biasanya dipenuhi dengan memboyong banyak barang bawaan dari rumah. Biasanya, bagasi yang tersedia di mobil penuh, sehingga mengorbankan ruang kabin untuk barang, sehingga kenyamanan berkurang. Nah, salah satu solusinya adalah dengan mengaplikasi bagasi tambahan di atap (roofbox).

Tapi, berapa sih estimasi biaya yang dikeluarkan untuk memasang aksesori tambahan ini? Simak ulasan berikut.

Terdapat berbagai merek roofbox di pasar, antara lain Hapro dan Thule. Harga untuk aksesori ini cukup beragam, tergantung dari besaran kapasitas penyimpanannya. Berdasarkan penelusuran Otomania di toko Banteng Mas, MGK, Kemayoran, didapat rentang harga antara Rp 3,7 juta-Rp 13 juta.

"Harga dan tipe roofbox-nya itu beda-beda, tapi itu hanya untuk roofbox saja belum ditambah crossbar-nya," ujar Elen, staf Banteng Mas, kepada Otomania, akhir Juni lalu.

Nah, aplikasi roofbox baru bisa dilakukan jika mobil sudah menggunakan pra sarana crossbar yang berguna sebagai dudukan di atap mobil. Ada harga ada barang, istilah ini juga berlaku untuk kualitas crossbar. Tapi disarankan untuk pengguna Thule dan Hapro lebih ideal memanfaatkan crossbar sesuai mereknya roofbox karena lebih presisi dan terjamin.

"Kuntungan dari crossbar Hapro dan Thule selain materialnya yang lebih kuat juga sudah dilengkapi dengan lock system, lebih aman saat ditinggal atau ketika saat jalan jauh," ujar Elen.

Biasanya beberapa mobil keluaran baru sudah langsung dilengkapi dengan roof rail dari pabrikan, ini lebih bagus karena hanya tinggal membeli roofbox dan crossbar sebagai penyangganya. Sedangkan untuk mobil yang belum dilengkapi roof rail bisa menggunakan crossbar sportrack dengan sistem jepit diatas pintu mobil.

Harga crossbar versi Thule untuk mobil dengan roof rail dijual sebesar Rp 3.7 juta dan versi Hapro Rp 3,25 juta. Sedangkan crossbar sportrack universal untuk mobil yang sudah maupun belum dilengkapi roof rail hanya Rp 800.000. Dari sini sudah bisa mengestimasi harganya.

Contoh, roofbox Thule tipe Ocean 100 dengan harga Rp 4,9 juta ditambah crossbar Rp 3,7 juta, total menjadi Rp 8,6 juta. Begitu juga untuk Hapro, model Roady 450 dengan harga Rp 4,95 juta ditambah crossbar Rp 3,25 juta, sehingga total menjadi Rp 8,15 juta, sedangkan crossbar sportrack universal tinggal ditambahkan dengan harga roofbox yang ingin digunakan.

Berikut harga roofbox Hapro dan Thule dari beberapa tipe yang ditawarkan Banteng Mas Aksesori di MGK, lantai 8, Kemayoran.

Thule

Thule Ocean 100 kapasitas 360 liter Rp 4,9 juta
Thule Ocean 90 kapasitas 320 liter Rp 4 juta
Thule Touring 200 kapasitas 400 liter Rp 9,5 juta
Thule Motion 800 kapasitas 460 liter Rp 12,9 juta

Hapro

Hapro Roady 450 kapasitas 420 liter Rp 4.950 juta
Hapro Carver 6.5 BL 430 liter Rp 9.5 juta
Hapro Zenith 6.5 Carbon kapasitas 430 liter Rp 12.750 juta
Hapro Roady 350 kapasitas 300 liter Rp 3.750 juta
Hapro Traxer 4.6 kapasitas 370 liter Rp 6.5 juta
Hapro Texter 6.6 kapasitas 410 liter Rp 10.750 juta

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa