Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Avanza ”Major Change” Berteknologi Dual VVT-i

Donny Apriliananda - Jumat, 5 Juni 2015 | 11:47 WIB

Jakarta, Otomania – Tak cuma tampang yang bakal dirombak total, Toyota Avanza yang berstatus abadi sebagai ”mobil sejuta umat” juga bakal berbekal teknologi baru. Dikutip dari KompasOtomotif, Jumat (5/6/2015), berdasarkan sumber terpercaya, mesin menggunakan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence).

Teknologi bukaan katup tersebut sudah diterapkan pada beberapa model Toyota di kelas menengah ke atas. Dengan begitu, mesin baru akan menggantikan model lama, 1.300 cc berkode K3-VE dan 1.500 cc berkode 3SZ-VE yang diproduksi Daihatsu Indonesia. Diklaim, tenaga akan lebih besar.

Sebelumnya, Avanza pakai mesin 1.500 cc kode 3SZ-VE dengan daya 102,5 tk @6.000 rpm, sementara torsi puncak 136,3 Nm @ 4.400 rpm. Sedangkan tipe 1.300 cc berkode K3-VE menghasilkan daya 90,7 @6.000 rpm dan torsi 116,6 Nm @ 4.400 rpm.

Mesin akan tetap diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), atau sudah diproduksi terpisah dan dipegang langsung oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Artinya, Daihatsu tetap menjadi perakit duet mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa