Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Kupe Sport "Kei Car" Pertama di Indonesia

Agung Kurniawan - Rabu, 3 Juni 2015 | 11:51 WIB

Ubud, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berspekulasi dengan memboyong Copen untuk dipasarkan di Indonesia. Sport kupe convertible ini terbilang unik, boleh dibilang menjadi model pertama yang pernah dipasarkan ke Indonesia, apalagi dengan genre "kei car" bermesin 660 cc.

Copen dirancang khusus untuk pasar otomotif di Jepang dan diimpor utuh (completely built up/CBU) dari negara asalnya. Langkah spekulasi terlihat karena Daihatsu hanya menjual Copen dalam jumlah terbatas atau sesuai jumlah pesanan yang masuk.

Mobil berakomodasi dua penumpang ini, menggunakan rangka D-Frame dengan desain yang tidak membutuhkan lapisan bodi berat seperti plat besi maupun alumunium. Rangka ini memungkinkan bodi Copen bisa langsung dipasang plastik resin yang ringan dan fleksibel serta bisa dibongkar pasang. Di Jepang, konsumen bisa memilih bodi sesuai warna kesukaan, jadi ibarat ponsel yang bisa gonta-ganti casing.

Mobil sport dua kursi ini menggendong mesin tiga silinder dengan kapasitas 660cc. Tapi, daya yang dihasilkan mampu mencapai 64 tk pada 6.400 rpm dan torsi 9,4 kg m pada putaran 3.200 rpm. Daihatsu mengklaim efisiensi mencapai angka 22,2 kpl buat versi transmisi manual dan 26,2 untuk CVT.

Fitur-fitur canggih layaknya mobil mewah juga tersemat di Copen, antara lain key free system, start/stop engine dan Immobilizer. Tilt steering untuk mengatur ketinggian kemudi sesuai dengan kebutuhan pengendara. Kontrol audio di lingkar kemudi palang tiga, speaker 16 inci dan jok yang dilengkapi dengan penghangat.

Unik

Keunikan Copen bertambah lewat mekanisme penjualan yang ditawarkan ADM. Jadi, sebenarnya Copen tersedia dalam dua tipe dibedakan lewat pilihan transmisi manual dan CVT. Tapi, Daihatsu hanya menjual Copen transmisi manual untuk konsumen, sementara model CVT hanya ditawarkan buat keluarga dan kolega Daihatsu.

Metode penjualan Copen hanya dilakukan sesuai pesanan yang masuk dari konsumen, sehingga tidak ada stok. Konsumen bisa menyerahkan tanda jadi pembelian minimal Rp 50 juta untuk mendapatkan SPK (Surat Pemesanan Kendaran) dan baru bisa menerima barangnya lima bulan kemudian.

Copen manual dijual dengan harga Rp 416.550.000. Sementara model CVT dilepas Rp 431.550.000. Konsumen yang berminat pun hanya bisa mendapatkan Copen di diler terbatas yang berada di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa