Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini demi Kabin Mobil Bebas dari Bakteri

Stanly Ravel - Jumat, 22 Mei 2015 | 16:05 WIB
Jakarta, Otomania - Gaya hidup sehat harus diterapkan sejak dini dan bisa diaplikasikan di mana saja, termasuk  pada mobil Anda. Contohnya dengan menjaga kabin tetap bersih akan bermanfaat menjaga kualitas udara di dalam kabin sehingga lebih fresh dan terjaga dari bakteri atau kuman. Hal ini sangat penting, apalagi kalau masih ada balita atau anak-anak di dalam anggota keluarga. 

Anda boleh saja mengaku sering mencuci mobil menggunakan jasa tempat cuci (car wash). Paket standar yang biasanya disuguhkan, cuci, sedot debu (vakum), dan semir ban. Vakum menjadi andalan utama untuk membersihkan bagian kabin mobil. Tetapi, ternyata mengandalkan vakum saja belum cukup untuk menjamin kebersihan kabin mobil.

Pasalnya, ketika petugas pencucian menyedot debu, masih ada saja bagian yang belum terjamah, tempat-tempat di mana menumpuknya debu dan kotoran.


"Kalau mau puas, pemilik mobil harus teliti. Biasanya kebanyakan cuci mobil yang membersihkan kabin dengan vakum hanya sebatas yang terlihat. Hal ini juga kadang-kadang karena keterbatasan alat yang digunakan nggak bisa sampai kebagian yang tersempil," ujar Danu, kepala cuci mobil Blink Car Wash di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, kepada Otomania, beberapa hari lalu.

Beberapa bagian kabin yang kerap lolos dari sedotan vakum adalah konsul pada door trim, tempat ini biasanya digunakan untuk menyelipkan kertas atau bon jalan tol. Selanjutnya, kantong di belakang jok baris pertama, ruang kendali gas dan rem, serta kolong jok.

"Sebenarnya mudah kok, kalau punya waktu luang, cukup pakai kain lembab saja atau kanebo. Untuk sudut yang sulit bisa diakali pakai besi pipih atau obeng min yang dilapisi kanebo," tambahnya.

Terakhir, pastikan kolong jok penumpang depan ikut dibersihkan. Biasanya pemilik mobil hanya fokus pada karpet bersih yang terlihat dan tidak melihat kolongnya. Kolong jok kerap menjadi sarang kotoran, apalagi bagi mobil keluarga yang memiliki anak kecil, biasanya banyak sampah atau serpihan bekas makanan.

"Untuk kolong jok, tinggal majuin bangku depan, terus karpetnya diangkat dan dibersihkan di luar. Jangan lupa juga untuk dek bawah mobil kalau punya vakum ikut dibersihkan," ucap Danu.

Sebagai penutup, ia juga menyarankan agar kalau bisa sesekali kabin mobil dibuka dan dijemur agar terkena sinar matahari. "Kalau bisa saat matahari pagi, karena bagus untuk sirkulasi udara di dalam kabin, juga bisa menghilangkan bakteri," tutupnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa