Kenali Penyebab Knalpot Sepeda Motor "Ngebul"

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 18 Mei 2015 | 10:46 WIB

Jakarta, Otomania — Diagnosis dan pengenalan kerusakan penting dilakukan, terutama saat sepeda motor sudah terasa tidak normal lagi. Indikator paling mudah adalah dengan penglihatan, apakah terlihat tanda-tanda fisik yang berbeda pada sepeda motor lawas Anda.

Nah, salah satu masalah yang kerap muncul pada motor usia tua, khususnya bermesin 4 tak, adalah asap putih yang ngebul dari sistem pembuangan. Kondisi ini biasanya diperparah dengan bau oli terbakar.

Kondisi ini biasanya ditimbulkan karena seal klep yang sudah aus sehingga tidak dapat menahan oli mesin yang melumasi kepala silinder dengan baik. Oleh karena itu, oli mesin akan ikut masuk ke ruang bakar pada saat klep in dan klep ex bekerja naik turun.

"Umumnya karena seal klep aus, jadi oli mesin rembes waktu klepnya naik turun, kemudian oli ikut terbakar, dan knalpot jadi mengeluarkan asap putih," ujar Agus, kepala mekanik AHASS Setia Motor, saat dihubungi Otomania, Minggu (17/5/2015).

Agus menambahkan, jika tidak segera diatasi, akan berakibat pada berkurangnya oli mesin karena ikut terbakar. Selain itu, akibat lain yang ditimbulkan yaitu hilangnya tenaga pada sepeda motor karena kompresi dan pembakaran yang tidak sempurna.

"Motor jadi tidak ada tarikannya dan pastinya juga boros oli mesin. Jadi saat sudah melihat tanda seperti itu, langsung bawa ke bengkel resmi terdekat agar tidak menjadi semakin parah," ujar Agus.

Untuk mengatasinya, kata Agus, tindakan yang biasanya akan dilakukan adalah dengan over size atau korter pada bagian liner boring, berikut dengan penggantian piston serta ring piston. Jika hanya asap putih tipis yang keluar, cukup hanya dengan mengganti seal klep dengan yang baru.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa