Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tata Aria, Rival Sengit dari India

Stanly Ravel - Rabu, 13 Mei 2015 | 16:06 WIB
Jakarta, Otomania - Setelah perwakilan dari Amerika Serikat, Jepang, Eropa dan Korea Selatan, waktunya melihat aksi SUV diesel asal India, Tata Aria. Meski dianggap sebagai alternatif, namun Aria terbilang tangguh dalam bersaing dengan kompetitor di Auto Bild Diesel Challenge 2015.

Dari sisi tampilan, Aria memang telihat polos dan biasa. Tapi di balik kap mesin sudah ada senjata 4 silinder 2.179 cc turbo diesel yang siap digunakan untuk berperang. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 140 dk dan torsi puncak 320 Nm.

Mesin ini mampu membuktikan diri ketika melahap tanjakan, tanpa direpotkan harus menekan habis pedal gas. Tentu dengan catatan posiis  transmisi  yang digunakan sudah tepat saat ingin menanjak.

Konsumi bahan bakar Aria menghasilkan angka 14,78 kpl. Dengan mesin berkapasitas sedang dan bobot 2.050 kg, Aria sukses menduduki posisi empat dalam hal efesiensi bahan bakar. Sayang, dalam urusan responsif serta derek 100 m, wakil India ini harus berlapang dada.

Tes akselerasi 0-100 kpj diselesaikan dengan waktu 14,4 detik. Sedangkan untuk urusan menderek mobil sejauh 100 m, Aria memperoleh catatan waktu 10,1 detik dan berada pada posisi ke 7.

Urusan kenyamanan dalam berkendara, Aria dianggap biasa saja. Nyaman dengan suspensi yang empuk tapi minus pada sisi handling ketika digeber dengan kecepatan tinggi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa