Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Syarat Sepeda Motor Bisa Berjalan Baik

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 12 Mei 2015 | 14:43 WIB

Jakarta, Otomania - Guna mendapatkan performa optimal, sepeda motor harus terus dijaga performanya. Kenali kondisinya jangan sampai mengalami kendala saat dijalan. Agus, Kepala mekanik AHASS Setia Motor, berbagi pengetahuan megenai beberapa syarat sepeda motor dapat menyala dan berjalan dengan baik.

"Ada beberapa syarat dasar,sepeda motor dapat layak digunakan, kita bisa mengeceknya sendiri, walaupun tidak bisa, kita masih bisa merasakannya. Jika ada keraguan akan performa motor bisa langsung dibawa ke lokasi service terdekat," ujar Agus, Selasa, (12/5/2015).

Ada setidaknya tiga syarat motor dapat hidup dengan baik diantaranya

1. Campuran bahan bakar dan udara yang sesuai

Terdapat campuran bahan bakar dengan udara yang baik. Perbandingannya biasa disebut sebagai AFR (Air Fuel Ratio). Karena tiap perbandingan campuran bahan bakar disesuaikan dengan kinerja mesin itu sendiri. Adakalanya pada kondisi tertentu bahan bakar lebih banyak dibutuhkan daripada udara di ruang pembakaran. Tujuan dari campuran yang baik ini adalah untuk mempermudah dalam menghidupkan mesin sepeda motor.

2. Kompresi yang baik

Tekanan kompresi bisa di cek dengan cara menekan lubang busi dengan menggunakan jari tangan. Namun pastikan motor dalam keadaan mati dan dingin. Selain itu tekanan kompresi dapat ditemui dengan menggunakan alat Compression Tester. Tekanan kompresi yang baik khususnya untuk motor 4 tak berkisar antara 8-10 berbading 1.

3. Percikan api busi busi yang sempurna

Terdapat kualitas pengapian yang baik di ruang pembakaran, hal ini bisa dilihat apakakah percikan bunga api yang yang dihasilkan oleh busi sempurna dan terlihat kebiruan, jika tidak maka bpengapian mengalami kendala. Kondisi busi juga seharusnya di cek secara rutin saat akan berkendara apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh.

Ketiga hal tersebut penting untuk memastikan mesin motor bekerja dengan maksimal. Jika salah satu dari tiga syarat itu tidak sesuai standar maka dipastikan motor tidak dalam kondisi yang prima atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa