Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AHM Serius Kembangkan Kompetensi Pendidikan

Aris F Harvenda - Selasa, 5 Mei 2015 | 17:34 WIB
Jakarta, Otomania - Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) yang merupakan program CSR Astra Honda Motor (AHM) bidang pendidikan, menargetkan 500 SMK untuk KTSM dan 50 SMK menjadi TUK di seluruh Indonesia. Konsistensi untuk mengembangkan kompetensi pendidikan tidak hanya sebatas wacana namun berbuah pada tindak nyata.

"AHM sangat serius dalam pengembangan edukasi khususnya teknik sepeda motor sebagai bagian dari program CSR. Hal ini dilakukan tanpa memperhitungkan nilai tambah yang didapatkan oleh AHM, sekalipun ada keuntungan yang didapat, bisa dikatakan itu merupakan bonus," ujar Ahmad Muhibbuddin kepada Otomania.com, Selasa, (5/5/2015).

Ruslan, Kepala Sekolah SMK 3 yang menjadi sekolah pertama TUK, mengungkapkan rasa senangnya. "Kami merasa senang terkait penunjukan SMK 3 menjadi TUK dan tempat sertifikasi, karena dapat meningkatkan kompetensi para guru dan siswa. Juga alat praktik yang digunakan berbasis teknologi terbaru industri sepeda motor, sehingga tidak lagi ada cerita mengenai sekolah mengejar teknologi," ujar Ruslan.
 
KTSM sudah dikembangkan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sejak tahun 2010. Hingga saat ini semenjak tahun lalu, AHM telah berhasil menggandeng 330 SMK untuk ikut mengadopsi KTSM dan 2 SMK menjadiTUK.

Lebih lanjut lagi, Rasben Limbong, General Marketing PT Sinar Sentosa Primatama, sebagai main dealer Honda area Jambi, telah melakukan pendataan bahwa 60 siswa yang lulus dari SMK 3, 10 siswa bekerja di AHASS, 10 siswa bekerja di bengkel umum, 20 siswa melanjutkan kuliah, 5 siswa bekerja di industri 20 dan 5 siswa lainnnya bekerja pada merek sepeda motor lain.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa