Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mewaspadai Komponen Skutik yang Rawan Rusak

Aris F Harvenda - Minggu, 29 Maret 2015 | 13:00 WIB

Jakarta, Otomania – Skuter matik (skutik) punya karakteristik yang unik, termasuk komponen dan ketahanannya. Pada dasarnya, setiap model punya kelebihan dan keunggulan. Khusus skutik, ada beberapa komponen yang harus mendapat perhatian ekstra. Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM), seperti ditulis KompasOtomotif beberapa pekan lalu, menjelaskan, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal kerusakan komponen.

”Semua sepeda motor, apa pun jenisnya, sudah melalui tes jalan dan laboratorium sebelum dijual ke pasar. Sehingga, kualitas masing-masing komponen sudah terjamin. Begitu juga dengan Honda yang menjamin semua komponen lulus uji,” terang Sarwono.

Kendati demikian, tak bisa dihindari bahwa ada beberapa komponen pada skutik yang lebih cepat aus karena pemakaian, meski tetap memenuhi standar keausan yang ada. Komponen itu adalah sebagai berikut:

1. Ban. Mengadopsi diameter yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak. Aus akan lebih cepat terjadi.

2. Kopling. Komponen ini sebenarnya bekerja hampir sama dengan model lain. Namun karakteristik kopling pada skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya.

3. Drive belt. Komponen ini juga menjadi salah satu ”kelemahan” skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak km tertentu.

4. Kanvas rem. Tak bisa dipungkiri, penggunaan skutik akan lebih banyak menggunakan rem. Bahkan banyak orang yang tidak bisa lepas dari rem dan terus memfungsikan tuas rem padahal sepeda motor sedang berjalan. Kebiasaan inilah yang membuat kanvas cepat aus.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa