Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengulik Keuntungan Mesin Tanpa Radiator di Skutik

Aris F Harvenda - Senin, 16 Maret 2015 | 12:02 WIB
Jakarta, Otomania – Beredar anggapan bahwa mesin skutik di atas 110cc tak harus menggunakan radiator atau pendingin cairan. Hal itu coba dibuktikan Yamaha Indonesia melalui model barunya, Mio M3 di segmen skutik entry level dan All-New Soul GT yang akan bertarung di segmen medium.

GM Motorsport dan Aftersales Yamaha Indonesia Muhammad Abidin mengatakan, saat prosesi peluncuran All-New Soul GT di Jimbaran Resto, Ancol, Jakarta Utara, (3/3/2015), Yamaha sudah memikirkan solusi untuk membuat mesin lebih ringkas, efisien, dan terjangkau, salah satunya tidak memasang radiator.

”Kenapa nggak pakai radiator? Karena mesin sudah Blue Core. Teknologi ini sudah cukup untuk menjaga suhu mesin dan membuat penampilan ringkas,” ujar Abidin.

Lebih detail, dirinya juga menjelaskan bahwa teknologi Blue Core adalah penyempurnaan teknologi mesin konvensional. Mulai dari proses pembakaran, pengurangan gesekan, hingga proses pendingingan.

Seperti yang pernah KompasOtomotif bahas, salah satu kunci agar mesin Blue Core lebih ”dingin” adalah desain kisi-kisi silinder lebih tipis dan rapat. Sistem pendingin juga bekerja aktif menyemprotkan oli jet piston cooler ke permukaan bawah piston demi melepas suhu panas di ruang bakar.

Sederhananya, dengan teknologi ini, sepeda motor tak harus menggunakan pendingin tambahan seperti radiator. ”Memang, diakui, penggunaan radiator menjaga suhu mesin lebih stabil. Namun ada kompensasi lain, seperti perawatan, dan tentu harga yang lebih mahal,” kata Abidin.

Ditambahkan, dengan harga yang bisa ditekan, konsumen sudah bisa mempunyai sepeda motor berkubikasi 125cc, berpenampilan lebih simpel, tapi tetap terlihat mewah.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa