Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Bus Jarang Matikan Mesin Meski Berhenti Lama

Irsyaad Wijaya - Senin, 2 April 2018 | 12:00 WIB
Posisi duduk paling aman saat naik bus
http://www.kmtourtrans.com
Posisi duduk paling aman saat naik bus

Otomania.com - Mungkin di antara kita sering mendapati bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), atau bahkan bus-bus di sekitaran kita yang tak mau mematikan mesin meski berhenti sangat lama. Mengapa demikian?

Pertanyaan itu bisa terjawab dari penjelasan Imron, Technical Leader Toyota Auto2000 Krida, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang menceritakan pengalamannya saat berbincang dengan para teknikal dan supir bus.

"Saat ini kan mesin diesel bus sudah menggunakan turbo, sangat sensitif jika mesinnya terlalu sering diaktifkan atau dinonaktifkan," buka Imron.

Hal itu karena turbo pada mesin diesel bus sangat sensitif dengan start engine yang terlalu sering. "Jadi kalau lagi perjalanan jauh itu bus memang sengaja mesinnya tidak dimatikan, karena kalau dimatikan lalu dinyalakan lagi, bisa rontok itu turbonya," ujar Imron, dikutip dari GridOto.

(BACA JUGA: Jetbus 2 Seri SHD dan HDD, Apa Bedanya?)

Terlebih juga mesin diesel memerlukan kompresi padat serta suhu panas agar bekerja dengan baik. Berbanding terbalik dengan mesin bensin. Jika proses panas tak merata serta sirkulasi udara tak ada akan pengaruh pada turbo.

"Karena turbo kan butuh udara untuk mendinginkannya. Kalau mesin dimatikan lalu posisi bis berhenti habis itu dinyalakan lagi bisa rontok itu turbo kalau keseringan," lanjut Imron.

Terlebih juga rem angin pada bus memerlukan tekanan udara yang stabil. Jika mesin dimatikan ketika akan berjalan kembali, harus menunggu proses pengisian tekanan udara yang butuh waktu lumayan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa