Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deru Mesin Produk Langka, Honda CR-X

Irsyaad Wijaya - Minggu, 25 Februari 2018 | 14:45 WIB
Dua Honda CR-X Sedang Terparkir
Instagram/@jeff_cooper_49
Dua Honda CR-X Sedang Terparkir

Otomania.com - Jika melihat mobil yang ada di unggahan akun Instagram @gdf_tasikmalaya, kemungkinan banyak orang yang mengira mobil dalam unggahan hanya Honda Grand Civic seperti umumnya.

Tapi ketika sudah tahu bagian belakangnya, Anda akan kager dan tak mungkin meremehkannya lagi. Terlebih jika dibukakan isi kap mesinnya. Pasalnya mobil itu tersebut adalah Honda CR-X yang terkenal dengan "larinya".

CR-X lahir di pasar otomotif sekitar tahun 1983-1991 sebelum akhirnya digantikan generasi penerusnya bernama Honda CR-X del sol tahun 1992. Mesin yang disematkan pada mobil jenis "kammback" ini berkode D15 yang berkubikasi 1.500 cc bertipe SOHC, dan berkode D16 yang berkapasitas 1.600 cc tipe DOHC.

Tapi kedua jenis mesin tadi akhirnya dipensiunkan dan diganti dengan mesin baru oleh Honda yang sangat terkenal hingga sekarang yakni berkode B16A berteknologi VTEC dengan varian JDM (Japan Domestic Market) SiR.

(BACA JUGA: Honda Civic Renta 1990-an Masih Kuat Diajak Reli)

Mesin SiR B16A sendiri punya luapan tenaga dalam kondisi standar hingga 150 dk, cukup untuk membuat lawan tanding balap tertinggal jauh. Mesin ini banyak digemari karena memang pats aftermarketnya yag melimpah serta mudah sekali dioprek.

Nah, sekarang kembali pada jenis mobil ini yang disebut "kammback", alasannya karena bagian kaca belakang dan bagasi melandai sampai ke buntutnya. Fungsinya untuk kurangi drag coefficient ketika melaju agar lebih aerodinamis.

Ahli yang pertama kali menciptakan desain ini adalah Wunibald Kamm yang berasal dari Jerman tahun 1930, yang merupakan pakar aerodinamika. Nah, jika ingin dengarkan raungan suara mesinnya dan hisapan keempat intake dari tiap silinder simak video dibawah ini.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : otomotifnet.gridoto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa