Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Motor Bebek dan Sport Tak Pakai Sistem Belt Seperti Skutik

Fedrick Wahyu - Rabu, 7 Februari 2018 | 18:10 WIB
CVT motor matik
Motor Plus
CVT motor matik

Otomania.com - Saat ini motor skutik sangat mendominasi motor-motor di jalanan. Motor skutik mudah digunakan karena menggunakan belt drive sebagai alat penghubung mesin dan roda belakang.

Bahkan motor berputaran mesin rendah sekelas Harley-Davidson juga menggunakan sistem ini. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa motor jenis bebek dan sport masih menggunakan sistem rantai dan sprocket gear?

Ternyata, ada hubungannya dengan sistem belt yang memiliki daya cengkeram kurang, karena tidak terlalu bergerigi seperti pada sistem rantai. Sehingga ada batasan tenaga untuk menggunakan penghubung jenis belt.

(BACA JUGA: Langkah Perawatan V-Belt Skutik)

Jika motor bebek atau sport menggunakan sistem ini, maka kemungkinan terjadinya slip lebih besar apalagi kalau mesin sedang pada putaran tinggi.

Kemudian saat pergantian gigi, ada kemungkinan buat belt slip. Selain slip, belt juga rentan putus. Sehingga untuk karakter mesin dengan putaran tinggi lebih cocok menggunakan sistem rantai.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa