Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Redam Suara Berisik Mobil Bermesin Diesel

Fedrick Wahyu - Selasa, 23 Januari 2018 | 15:50 WIB
Pasang Peredam
Pasang Peredam

Otomania.com - Mobil dengan mesin diesel selalu identik dengan suara kasar. Tak jarang, suara tersebut sampai menyusup ke dalam kabin. Tapi ini bisa diatasi dengan cara memasang peredam.

Meredamnya cukup mudah dengan cara menambah massa pada pelat bodi dengan bahan yang elastis agar getaran suara dapat dikurangi. Peredam suara sendiri sebenarnya tak ada yang diproduksi khusus untuk mobil bermesin diesel. Cukup gunakan peredam yang umum dipakai para instalatur audio.

"Suara mesin masuk ke dalam kabin biasanya dari lubang-lubang jalur kabel di firewall, untuk bagian ini bisa menggunakan peredam model semprot supaya bisa mencapai tempat-tempat kecil," ucap Toto, Pemilik Bengkel Citra Baru, Fatmawati, Jakarta Selatan.

(BACA JUGA: Masalah Mesin Turbo Diesel Bisa Diketahui Dari Siulannya)

Harga peredam jenis semprot ini dibaderol Rp 250.000-450.000. Selain model semprot, ada juga peredam suara model lembaran yang pemasangannya cukup ditempel. Harga model ini dibanderol sekitar Rp 70.000-Rp 80.000 per lembar.

"Peredam jenis ini banyak digunakan dan cara pakainya tinggal ditempel saja, dengan meletakan di balik kap mesin serta membentuk pola sesuai dengan tulang pada kap mesin," kata Toto.

Peredam ini bisa dipasang di kap mesin, firewall (dinding pemisah ruang mesin dan kabin), pintu, lantai dan atap.

(BACA JUGA: Mampir Sini Kalau Mau Tahu Bedanya Mesin Diesel dan Bensin)

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa