Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengapa Mesin Diesel Lebih Berisik dari Mesin Bensin?

Fedrick Wahyu - Selasa, 23 Januari 2018 | 12:50 WIB
Mesin Diesel Bising
Mesin Diesel Bising

Otomania.com - Sejauh yang kita tahu, mesin mobil yang beredar di jalanan ada dua jenis besar, yaitu diesel (bahan bakar solar) dan bensin. Kita juga sadar bahwa mesin diesel bersuara khas lebih berisik, meski sudah tipe yang canggih sekalipun.

Lantas, kenapa mesin diesel bisa lebih berisik dari mesin bensin? "Pertama kita harus mengetahui dahulu cara kerja diesel," ucap Ibrahim, Service Advisor Suzuki Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

(BACA JUGA: Masalah Mesin Turbo Diesel Bisa Diketahui Dari Siulannya)

Mesin diesel juga disebut dengan compression ignition engine atau mesin penyalaan kompresi. Sehingga, proses pembakaran pada mesin diesel terjadi dengan mencampur udara terkompresi yang suhu dan tekanannya tinggi dengan bahan bakar solar.

"Proses pencampuran udara bertekanan tinggi dan bahan bakar diesel ini menimbulkan ledakan yang kuat, nah dari ledakan inilah muncul suara khasnya," ujar Ibrahim.

Suzuki Ertiga Diesel menjadi Low MPV teririt di Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel menjadi Low MPV teririt di Indonesia
Agar udara bisa bersuhu dan bertekenanan tinggi dan dapat membakar bahan bakar secara sempurna, mesin diesel butuh rasio kompresi yang tinggi juga. Contohnya Suzuki Ertiga Bensin kompresinya 10:1 sedang Suzuki Ertiga Diesel kompresinya 16:1.

(BACA JUGA: Mampir Sini Kalau Mau Tahu Bedanya Mesin Diesel dan Bensin)

Disitu terlihat perbandingan kompresi mesin diesel yang sangat tinggi membuatnya memiliki kecenderungan bersuara lebih keras dibanding mesin bensin.

Meski begitu, dengan perkembangan teknologi saat ini seperti turbocharger, common rail, direct injection, dan peredaman maksimal dari dudukan mesin sampai kabin bisa mengurangi suara berisik mesin diesel.

"Mobil diesel konvensional memang identik memiliki suara yang lebih kasar dan kencang, berbeda dengan mobil diesel sekarang yaitu commonrail yang memiliki tingkat kebisingan lebih sedikit," ucap Ibrahim.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa