Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pangkat Seorang TNI Ternyata Bisa Dikenali Lewat Mobil Dinasnya

Irsyaad Wijaya - Minggu, 21 Januari 2018 | 18:07 WIB
Serah Terima Mobil Dinas TNI
kodam-ii-sriwijaya.mil.id
Serah Terima Mobil Dinas TNI

Otomania.com - Pangkat di dalam struktur instansi militer menandakan seberapa tinggi dia memegang jabatan dan bisa memberikan perintah. Tetapi tahukah Anda jika mengenali seberapa tinggi atau rendah jabatannnya, bisa dilihat dari mobil dinas yang digunakan?

Instansi TNI menyediakan mobil dinas operasional atau kegiatan setiap harinya ketika bekerja. Tetapi TNI juga berikan batas minimal pangkat yang berhak mendapatkan mobil dinas, Minimal sudah pegang jabatan administrasi.

Mobil yang menjadi pilihan mulai dari kelas bawah hingga yang tergolong mewah, salah atunya Jeep Wrangler Rubicon dan Toyota Alphard. Tetapi mobil kelas atas seperti Alphard dan Rubicon hanya untuk kendaraan tambahan.

Mobil dinas Toyota Avanza untuk pangkat Mayor hingga Letkol
TNI AD
Mobil dinas Toyota Avanza untuk pangkat Mayor hingga Letkol

(BACA JUGA: Intip Mobil Dinas Gubernur DKI dan Wakilnya)

Untuk membedakannnya bisa dilihat, jika prajurit tersebut memakai mobil sekelas Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia berarti anggota TNI tersebut berpangkat Mayor sampai Letnan Kolonel (Letkol). Pangkat tersebut sudah pegang jabatan administrasi atau perwira menengah.

Ilustrasi kendaraan dinas TNI
Agustinus Winardi/Intisari.grid.id
Ilustrasi kendaraan dinas TNI

Selanjutnya ketika anggota TNI tersebut mendapatkan mobil dinas sekelas Toyota Vios atau yang setara dengannya, artinya prajurit tersebut sudah berpangkat sekelas Kolonel. Nah, Jika mobil yang digunakan berjenis premium Toyota Camry berarti pangkatnya sudah sekelas Jendral, yaitu Mayor Jendral (MayJend) atau bintang dua.

Berbeda hal jika anggota tersebut memegang jabatan komando (komandan pasukan tempur) sekelas Kopassus atau Kostrad. Anggota tersebut pasti mendapat mobil tambahan yang bisa digunakan di berbagai medan, contohnya jenis SUV mulai dari Katana, Escudo, hingga sekelas Land Cruiser, Land Rover atau Mitsubishi Pajero.

(BACA JUGA: Pasangan Nikah Massal Diarak Pakai Mobil Dinas)

Mobil tambahan untuk Komandan pasukan tempur
Istimewa
Mobil tambahan untuk Komandan pasukan tempur

Nah, jika sekelas Panglima TNI mobil yang digunakan pasti berkelas mewah contohnya sekelas Toyota Land Cruiser atau Alphard. Meskipun mendapat mobil dinas gratis tapi sang pemilik juga wajib merawatnya, pasalnya jika terjadi kerusakan terhadap mobil dinas, anggota yang diberikan hak memakai akan dikenakan sanksi administrasi.

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa