Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Tren, Honda Belum Mau Produksi Motor Tampang Retro

Irsyaad Wijaya - Jumat, 19 Januari 2018 | 14:23 WIB
Honda CG125 custom cafe racer milik Fernando Casado
Fernando Casado
Honda CG125 custom cafe racer milik Fernando Casado

Otomania.com - Motor bergenre klasik yang kembali booming di Indonesia ditanggapi serius oleh produsen motor. Merek yang pertama menanggapinya adalah Kawasaki yang memulai dengan Estrella 250 dan terakhir W175. Bagaimana dengan Honda, sang pemimpin pasar yang motor lawasnya kerap jadi bahan oprekan penggila klasik?

Menjawabnya, Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan seperti biasa, bahwa trik pasar yang dilakukan Honda adalah melihat dulu antusiasme masyarakat terhadap motor genre klasik ini.

(BACA JUGA: Kawasaki W175, Motor Sport dengan Desain Klasik)

"Setiap segmen yang sudah ada dan sedang tumbuh berkembang serta potensial menjadi studi awal bagi kami," ucap Thomas, Kamis (18/1/2018).

Jika melihat sejarah, sebenarnya Honda telah banyak menghadirkan motor beraliran klasik namun dengan kapasitas mesin besar. Seperti CMX500 Rebel, yang punya isi silinder 471 cc piston ganda.

Honda CMX500 Rebel
Ruslan Abdul Gani
Honda CMX500 Rebel

Meskipun hadir di segmen moge, namun penjualannya patut diacungi jempol. Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Rebel 500 terjual 89 unit itu hanya pada bulan Agustus.

(BACA JUGA: Bahas Fitur dan Gaya Honda CMX500 Rebel)

Secara total, motor bermesin 500 cc ini menyumbang penjualan moge AHM sebesar 61,5 persen dengan angka mencapai 218 unit. Total moge Honda yang sudah terjual sepanjang delapan bulan pertama 2017 adalah 354 unit.

So, kehadiran motor model klasik sepertinya banyak yang menunggu. AHM tinggal atur strategi dan ikut kembali ke masa lalu.

Booming motor klasik diawali banyaknya masyarakat yang memodifikasi motor keluaran Honda yaitu CB 100 dan CB 125. Lalu berlanjut banyak yang merombaknya menjadi berbagai aliran seperti scrambler, chooper, dan masih banyak lainnya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa