Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Biarkan Tangki Motor Kosong? Begini Dampaknya

Irsyaad Wijaya - Kamis, 11 Januari 2018 | 12:38 WIB
ilustrasi isi bahan bakar pada motor
kompas.com
ilustrasi isi bahan bakar pada motor

Otomania.com - Awet tidaknya sebuah tangki kendaraan ternyata ikut ditentukan dari kebiasaan pemilik kendaraan. Bagi yang terbiasa mengisi BBM dalam kondisi penuh, jauh lebih baik dibandingkan yang gemar mengisi dalam kondisi tanggung.

Apakah anda salah satu yang punya kebiasaan membiarkan tangki motor tak terisi penuh atau kosong? lebih baik mulai sekarang ubah kebiasaan buruk tersebut.

Sebab, jika keseringan membiarkan tangki tidak dalam keadaan seperti itu, maka akan timbul korosi atau karat pada dinding tangki bagian dalam.

Sidik, Teknisi di diler Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur, menjelaskan, kerak karat itu bisa muncul karena ruang kosong di dalam tangki akan terisi uap. Kemudian, uap itu melekat pada dinding tangki bensin bagian dalam.

Ilutrasi tangki motor berkarat
danacepatgadaibpkbmobil-motor.com
Ilutrasi tangki motor berkarat

(BACA JUGA: Solusi Darurat saat Tangki Motor Bocor)

"Membiarkan tangki kosong, apalagi kalau cuacanya dingin seperti malam hari pasti menimbulkan embun di dalam tangkinya. Lalu, membuat karat di tangki," kata Sidik, teknisi di dealer Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur saat ditemui, Selasa (9/1/2018).

Agar lebih awet, Sidik menyarankan para pemilik motor membiasakan diri agar tangki bensin selalu dalam keadaan penuh bahan bakar, khsususnya ketika malam hari atau tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Cara ini sebagai antisipasi agar motor lebih awet.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga akan berpengaruh pada sistem apung-apung yang ada dalam tanki kendaraan. Dampaknya jarum penunjuk kapasitas bahan bakar menjadi tak normal.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa