Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Dimodif, Lalu Dijual, Siap-siap Harga Terjun Bebas

Donny Apriliananda - Rabu, 27 Desember 2017 | 12:43 WIB
Modifikasi Daihatsu di Padang
dok.ADM
Modifikasi Daihatsu di Padang

Otomania.com – Memodifikasi mobil bukan berarti dilarang, karena memang inilah salah satu jalan untuk bikin tunggangan makin personal. Tapi, siapkan mental jika mobil yang sudah dioprek itu kalau akan dijual lagi.

Pertanyaan soal nilai purnajual mobil modifikasi itu kadang muncul di kalangan awam. Bagaimana tingkat penerimaannya di pasar mobil bekas? Dan bagaimana posisi harganya?

Halomoan Fischer, Chief Operating Officer mobil88, penjual mobil bekas (mobkas) bagian dari Grup Astra, mengatakan bahwa sudah umum jika mobil hasil modifikasi akan dihargai cukup rendah.

Baca Juga: Tertarik Boyong Mobil Bekas Merek Perancis? Ini Daftar Harganya

Sebab, modifikasi berdasarkan selera pribadi, dan tak banyak konsumen mobkas punya kesukaan yang sama.

“Jadi kami harus menjual ke orang yang seleranya sama. Kalau di mobil88 mobil hasil modifikasi akan kami standarkan lagi, agar lebih umum dan semua suka. Harganya akan lebih rendah, karena kami perlu biaya untuk menormalkannya lagi,” ucap Fischer, Senin (11/12/2017).

Sarannya, kalau mobil yang sudah dimodifikasi dan akan dijual lebih baik diubah lagi ke kondisi standar. Itu disebut Fischer membuat harga jualnya menjadi lebih baik.

“Perlu diperhatikan lagi, kalau mobil sudah dimodifkasi dan tak sesuai lagi dengan spesifikasi pabrik, kecenderungannya akan ada masalah, seperti pelek lebih besar kemungkinan suspensi bakal lebih cepat diganti, malah bisa merembet ke mana-mana,” ujar Fischer.

Baca Juga: Aturan Modifikasi dari Kepolisian, Cek Mana yang Dilarang

“Jadi intinya saran kami adalah buat mobil kembali seperti semula saja dulu. Kecuali mau ikut kontes, tidak apa-apa mobil rusak yang terpenting dapat hadiah,” kata Fischer.

Di mobil88 sendiri, Fischer menyebut kalau pihaknya menerima segala macam mobil bekas terutama yang tahun muda, termasuk yang modifikasi. Namun memang soal nilainya atau harganya akan disesuaikan dengan kondisi. 

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa