Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahayanya Naik Motor Sambil Mendengarkan Musik

Donny Apriliananda - Jumat, 15 Desember 2017 | 16:00 WIB
Polisi melakukan Olah TKP kecelakaan sepeda motor yang menabrak truk yang sedang parkir di jalur Pantura Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Diduga korban tewas sebelum menabrak bermain ponsel saat menyetir.
KOMPAS.com/Ari Himawan Sarono
Polisi melakukan Olah TKP kecelakaan sepeda motor yang menabrak truk yang sedang parkir di jalur Pantura Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Diduga korban tewas sebelum menabrak bermain ponsel saat menyetir.

Otomania.com – Masih ingat kecelakaan yang dialami Nicky Hayden hingga menyebabkan kematiannya? Pebalap World Superbike dan juara dunia MotoGP itu ditabrak saat sedang bersepeda di Italia.

Salah satu dugaan penyebabnya, dia bersepeda sambil mendengarkan musik melalui headphone yang tersambung ke perangkat Ipod. Nicky tidak mewaspadai kehadiran mobil saat melintasi persimpangan jalan.

Kecelakaan akibat mendengarkan musik di jalan raya sudah sering kita dengar. Selain pesepeda, pengguna motor sering terlihat menggunakan earphone saat berkendara untuk mendengarkan musik.

Baca Juga: Bahaya Hidupkan Mesin Motor di Depan Dispenser SPBU

”Penggunaan earphone lalu mendengarkan musik sembari berkendara tidak diperkenankan. Ini bahkan dilihat dari dua aspek yakni norma keselamatan dan hukum,” ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) kepada Otomania, belum lama ini.

Menurutnya, mendengarkan musik akan membuat pengendara kehilangan konsentrasi. Fokus perjalanan bisa jadi berpindah ke musik yang sedang didengarkan.

Masalahnya adalah, berkendara menjadi pekerjaan yang membutuhkan 100 persen konsentrasi. Selain itu, pengendara juga harus siap dengan keadaan sekelilingnya agar dapat bereaksi bila terjadi keadaan darurat.

”Jangankan mendengarkan musik, berbicara dengan orang yang dibonceng itu sebenarnya tidak direkomendasikan. Perhatian harus ke pekerjaan berkendara. Tidak hanya depan tapi waspada juga dengan sekeliling motor,” ucap Jusri.

Baca Juga: Ini Hukum Menolong Korban Kecelakaan di Jalan Raya

Memang, belum ada data di Indonesia, kecelakaan akibat penggunaan headphone atau sambil mendengarkan musik. Namun The Guardian melaporkan, studi di Amerika Serikat membuktikan bahwa bermusik sambil berjalan meningkatkan hingga tiga kali lipat risiko kecelakaan.

Dari studi yang dilakukan selama 2004 hingga 2011, ditemukan 116 orang di Amerika yang menggunakan headphone tewas di jalan atau mengalami kecelakaan parah. Korbannya banyak berusia dibawah 30 tahun (67 persen) dan laki-laki (68 persen). Sebanyak 89 persen terjadi di perkotaan dengan 55 persennya terlindas kereta api.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa