Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berandai-andai Lahirnya Generasi Baru Honda Tiger

Donny Apriliananda - Kamis, 7 Desember 2017 | 16:12 WIB
Honda Tiger Revo.
Istimewa
Honda Tiger Revo.

Otomania.com Honda sudah tak lagi punya model sport touring yang berkarakter khas macam Tiger. Sepeda motor itu sudah tak lagi diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) sejak 2014 silam, memenggal usia 20 tahun dari "sang macan".

Saat ini, AHM memasarkan delapan model sepeda motor sport, namun tidak satu pun sekelas Tiger. Mulai dari Mega Pro, CB150R Streetfire, Sonic, Verza, CRF150L, CRF250 Rally, CBR150R, dan CBR250RR.

Sebenarnya, AHM menyadari bahwa banyak orang yang menanti hadirnya penerus Tiger. Paling mungkin, membuat versi touring dari CBR250RR, namun itu dianggap belum realistis untuk menggantikannya.

Baca: Honda CB300R, Diadaptasi Sedikit Bisa Cocok Gantikan Tiger

"Saya tahu banyak orang yang menunggu Tiger baru. Atau paling tidak model baru bergenre sport touring” kata Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, Sabtu (2/12/2017).

Saat gelaran pameran motor EICMA di Milan, Italia, awal November lalu, Honda melakukan debut CB300R, motor touring berkonsep “Neo Sport Café”. Model bermesin 1-silinder 286cc seperti CBR300R itu rencananya dijual di Eropa.

Bila masuk ke pasar Asia dengan mesin 1-silinder 250cc model itu dirasa bisa mengisi posisi Tiger. Namun Inuma mengatakan masih banyak hal yang perlu dipelajari tentang kemungkinan itu.

Baca: Honda PCX Baru Datang Minggu Depan?

Dia mengingatkan kapasitas pusat riset dan pengembangan AHM sudah penuh, jadi kapasitas pengembangan model baru harus diprioritaskan. Selain itu AHM juga punya orientasi produksi lokal, model baru tentu harus memenuhi aspek skala ekonomi.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa