Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Aris F Harvenda - Minggu, 19 November 2017 | 11:05 WIB
Kabin Mitsubishi Xpander terasa hening
Rianto Prasetyo
Kabin Mitsubishi Xpander terasa hening

Jakarta, Otomania - Kenyamanan suatu mobil salah satunya terlihat dari kebersihan kabinnya. Rutin membersihkan interior mobil, jadi salah satu cermin gaya hidup sehat yang "kekinian".

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam mobil, bisa menyebabkan interior kotor berdebu. Belum lagi ampas dari sisa makanan yang tanpa sadar jatuh, bisa-bisa mengundang bau tidak sedap.

"Biasanya anak kecil kalau makan masih berantakan. Sisa makan yang terjatuh di bawah atau selipan jok bisa meninggalkan bau pada kabin, bahkan bisa sampai mengundang semut masuk ke dalam mobil," ucap Danu dari Blink Car Wash, seperti ditulis KompasOtomotif.

Debu dari alas kaki, lanjutnya, juga pasti banyak yang masuk ke dalam mobil. Ketika menyalakan pendingin udara (air conditioner/AC) debu tersebut ikut beterbangan dan bisa terhirup masuk ke dalam tubuh.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan seluruh kabin. Cara paling mudah dan efektif adalah dengan mengandalkan alat penghisap debu (vacum cleaner).

Bila ingin dikerjaan sendiri, Danu menyarankan untuk mencari waktu luang, agar lebih maksimal. Pastikan ketika membersihkanya menjangkau sampai ke kolong-kolong jok serta bagian-bagian yang jarang tersentuh.

"Kompartemen di dasbor, kantong kursi baris kedua, sampai kantung di pintu (doortrim) biasanya menjadi lokasi yang kurang diperhatikan. Padahal saat membuka kaca debu bisa masuk dan mengendap di sana," ucap Danu.

Kopi

Bila mencium aroma tak sedap di dalam kabin, segera cari sumbernya. Bisa jadi karena ada bekas makanan atau minuman yang terjatuh dan sudah berhari-hari.

"Bekas makanan biasnaya jatuh ke karpet. Bila bisa dilepas tinggal dicuci saja. Tapi kalau tidak bisa, bersihkan dengan sedikit cairan sabun dan dilap pakai kain penyerap air. Jika langkah ini belum berhasil menghilangkan bau, coba taburkan serbuk kopi supaya menutupi aroma tak sedap," kata Danu.

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa