Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hasil Tes Performa dan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Donny Apriliananda - Selasa, 7 November 2017 | 11:41 WIB
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

Otomania.com - Pesona Mitsubishi Xpander besar pengaruhnya dari penampilan eksterior dan desain interior. Tapi, belum banyak yang tahu bagaimana performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya.

Semua bermula dari jantung pacu Xpander yang kapasitasnya tidak berbeda dengan para rival, yaitu 1.500 cc. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mencapai 104 tk dengan torsi 141 Nm.

Variabel katup yang digunakan juga cukup mumpuni yakni memakai teknologi Mitsubishi innovative valve timing control (MIVEC). Lantas bagaimana dengan performanya?

Baca: Xpander Menggeliat Hebat, Honda Masih Simpan Jurus Penangkalnya

Varian yang dicoba adalah Xpander Ultimate AT. Alat tes mencatat akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 15,01 detik. Capaian tersebut hampir mirip dengan performa Suzuki Ertiga yang juga bertransmisi otomatis.


Panel meter Mitsubishi Xpander menyimpan beragam informasi, termasuk konsumsi BBM
AFH
Panel meter Mitsubishi Xpander menyimpan beragam informasi, termasuk konsumsi BBM

Saat akselerasi spontan, putaran bawah tidak seagresif Avanza-Xenia ataupun Mobilio. Setelah masuk putaran atas, performanya hampir mirip.

BBM
Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana soal efisiensi bahan bakar, terutama tipe bertransmisi otomatis? Xpander dibekali transmisi yang hanya memiliki 4 percepatan.

Padalah, saat ini produsen mobil bersaing membuat transmisi dengan jumlah gigi yang banyak. Tujuan utamanya adalah efisiensi bahan bakar.

Pertimbangan mereka, sebisa mungkin rpm tetap rendah namun kecepatan laju (kpj) tinggi.

Transmisi 4 percepatan Mitsubishi Xpander
AFH
Transmisi 4 percepatan Mitsubishi Xpander

Saat dicoba selama tiga hari dengan kondisi kemacetan normal (kecepatan rata-rata 22 kpj), hasilnya tergolong lumayan. Multi Information Display (MID) pada panel meter tercatat konsumsi BBM rata-rata 10,4 kpl.

Raihan tersebut tergolong moderat untuk segmen MPV sejuta umat.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa