Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pesan Kepala Korlantas Polri Terkait Operasi Zebra November 2017

Donny Apriliananda - Rabu, 1 November 2017 | 16:44 WIB

Otomania.com - Operasi Zebra mulai digalakkan Korlantas Polri pada 1-14 November 2017. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, menitikberatkan pada penegakan hukum.

Selama jangka waktu tersebut, kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas akan langsung ditindak tegas alias tilang di tempat.

Saat apel gelar pasukan Operasi Zebra 2017, Kepala Koprs Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa memberikan lima arahan kepada seluruh personil Polantas se-Indonesia.

Berikut amanah dari Kakorlantas buat personil yang berjaga di Operasi Zebra 2017:
1. Menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain dengan pendekatan Dikmas, langkah penegakkan hukum juga menjadi salah satu upaya menekan angka kecelakaan.

2. Disiplin dalam berlalu lintas. Bila Operasi Zebra sudah dilaksanakan, tetapi tidak ada perubahan dari masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, maka dianggap gagal bertugas. Karena sebelum gelar Operasi Zebra, sudah banyak dilakukan penekanan dan sosialisasi. Bila tidak maksimal dalam memberikan pelayanan, nanti akan terlihat bagaimana pelaksanaan Operasi Zebra.

3. Mengurangi Pelanggaran lalu lintas. Kalau pelanggaran masih terlihat dominan berarti Operasi Zebra masih dianggap biasa oleh masyarakat.

4. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Tahun kemarin, kita sudah mengalami penurunan hingga 30 persen, dan tahun ini pada gelaran Operasi Zebra 2017 harus lebih baik lagi dalam menurunkan tingkat fatalitas. Melalui Operasi Zebra, Kepolisian dapat Negara untuk menyelamatkan banyak nyawa yang terbuang sia-sia di jalan raya.

5. Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri, dalam hal ini anggota yang bertugas di lapangan jangan ada lagi kolusi, dan korupsi dalam peneggakan hukum kepada pelanggar. Dan peneggakan harus ada kepastian dan bersifat adil.

"Kami berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," kata Royke.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa