Siap-siap, Rekening 1,5 Juta Orang Bergoyang Ditransfer Bantuan Upah Rp 1 Juta, Siapa Saja Penerimanya?

Parwata - Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi rupiah(Shutterstock/Pramata) (Parwata - )

Otomania.com - Data Calon Penerima BSU Tahap Tiga Sudah Diserahkan, Berikut Kriteria Dan Daftar Alamat Untuk Cek Calon Penerimanya.

BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan sejumlah data para calon penerima BSU tahap 3.

Melansir dari Kompas.com BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan sebanyak 1,5 juta data calon penerima subsidi gaji ke Kemnaker.

Data yang diserahkan tersebut adalah calon penerima subsidi gaji yang sebelumnya belum memiliki rekening himpunan bank negara (Himbara).

Baca Juga: Gaji di Bawah Rp 3,5 Juta Siap-siap Ditransfer Rp 1 Juta, Nih 3 Cara Cek Penerimanya

Adapun yang termasuk dalam Himbara tersebut, adalah Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan juga Bank BTN.

3,75 Juta Data Pekerja

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh mengatakan.

Dengan penambahan tersebut, total saat ini data pekerja yang telah disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sebanyak 3,75 juta data pekerja.

"Pada tahap III ini, sebanyak 1,5 juta data pekerja telah disampaikan, sehingga total data pekerja yang telah disampaikan mencapai 3,75 juta pekerja, dari target pekerja calon penerima BSU sebanyak 8,7 juta pekerja," ujar Utoh saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, penyerahan data BSU ini sengaja dilakukan secara bertahap untuk memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran.

"Penyaluran bertahap juga meminimalisir terjadinya kesalahan distribusi BSU dengan proses verifikasi bertahap," lanjut dia.

Sementara itu terkait penyaluran BSU untuk penerima yang belum memiliki rekening himbara, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi mengungkapkan pihaknya masih belum dapat memastikan waktu pelaksanaannya.

Pihaknya mengaku saat ini proses transfer BSU masih dalam tahap kedua untuk pemilik rekening Himbara.

Baca Juga: Hore! Bantuan PPKM Rp 1 Juta Sudah Ditransfer Pemerintah, Coba Cek Rekening Kalian, Begini Caranya

"BSU Tahap III belum cair, saat ini masih tahap II" ujar Anwar saat dihubungi terpisah oleh Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Anwar Sanusi mengatakan, hingga tanggal 23 Agustus 2021, ada sebanyak 2.093.482 data pekerja yang sudah menerima BSU 2021.

Tahap III untuk pekerja non himbara

Berbeda dengan penyaluran yang sebelumnya, Utoh mengatakan, khusus pada penyerahan data tahap III ini, data yang diserahkan merupakan data pekerja yang belum memiliki rekening Bank Himbara.