Wow, Malaysia Punya Wacana Terbitkan Surat Izin dan Pelat Nomor Untuk Sepeda

Adi Wira Bhre Anggono - Rabu, 16 September 2020 | 20:55 WIB

Ilustrasi sepeda gowes. (dalam foto: Gowes Geopark Trip (Adi Wira Bhre Anggono - )

Otomania.com - Siapa sangka kalau pemerintah Malaysia punya wacana untuk menerbitkan surat izin dan pelat nomor khusus sepeda gowes.

Sebuah wacana menghebohkan publik Malaysia, di mana sepeda bakal diberikan pelat nomor dan membutuhkan surat izin untuk mengendarainya.

Rencana itu muncul melalui pemberitaan koran setempat, Utusan Malaysia, yang mengutip Institut Penelitian Keselamatan di Jalan Malaysia (MIROS).

Saat ini, bersepeda merupakan kegiatan yang paling diminati di tengah pandemi virus corona, di mana publik diharuskan rutin berolahraga untuk menjaga imun.

Baca Juga: Pesepeda yang Terobos Jagorawi Kena Sanksi Kurungan dan Denda Uang, Kapok Gak Nih?

Kegiatan mengayuh sepeda itu pun bisa dilakukan sendiri atau berombongan, dengan menjelajahi berbaia tempat menarik yang tak bisa dijangkau mobil.

Namun dalam pandangan MIROS, bentuk olahraga itu kini menjadi sorotan seiring semakin banyak cyclist yang nggowes di jalanan.

Utusan Malaysia, 16 September 2020 - “MIROS sedang mengkaji keperluan lesen dan nombor plat untuk basikal memandangkan...

Dikirim oleh MIROS pada Selasa, 15 September 2020

Mulai banyaknya pesepeda ditakutkan bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalanan. Karena itu, MIROS pun menyuarakan sebuah wacana.

Seperti dikutip World of Buzz Rabu (16/9/2020), mereka menyarankan agar setiap kendaraan bertenaga manusia itu dipasangi pelat nomor.

"MIROS kini mengkaji penggunaan pelat dan surat izin di tengah meningkatnya tren dan ketertarikan warga untuk bersepeda," kata Direktur Jenderal Ir Ts Dr Khairil Anwar Abu Kassim.