Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedanya Pelek Jari-jari dan Racing

Febri Ardani Saragih - Selasa, 18 April 2017 | 11:25 WIB
Pelek jari-jari ban tubeless
Stanly/Otomania
Pelek jari-jari ban tubeless

Jakarta, Otomania.com – Sekarang ini pilihan sepeda motor baru dengan pelek jari-jari (spoke wheel) semakin sedikit. Tawarannya drastis berkurang sejak semakin banyak konsumen yang ingin pelek racing (cast wheel/CW). Tapi sebenarnya apa perbedaan kedua jenis pelek itu?

Perbedaan pertama dari cara pembuatan, sesuai namanya pelek racing dibuat dengan memakai cetakan. Artinya desain tidak punya sambungan, semuanya utuh sebagai satu kesatuan. Lain halnya dengan pelek jari-jari yang terbagi dua bagian, yaitu lingkar pelek dan jari-jari.

Pelek racing sepeda motor merek Equinox.
Xtreme Motor Sport
Pelek racing sepeda motor merek Equinox.

Dulu dianggap cuma pelek racing yang bisa dipasangi ban tubeless alias tanpa ban dalam. Sekarang sudah banyak pabrikan juga yang membuat pelek jari-jari punya pengait untuk dipasang ban tubeless.

Menurut Dadan dari Technical Service Suzuki Indomobil Sales 2W perbedaan utama dinilai dari bobot. Pelek jari-jari lebih enteng, hal ini mempengaruhi cara berkendara. Pelek racing mengejar kestabilan sedangkan jari-jari kelincahan.

Proses pengepresan pelek racing.
JBB Saharjo
Proses pengepresan pelek racing.
Perbedaan lain yang jadi penentu yaitu perbaikan. Pelek jari-jari dikatakan lebih mudah dan murah diperbaiki karena komponen jari-jarinya bisa diganti begitu bermasalah. Pada pelek racing proses perbaikan, misalnya bengkok karena benturan, harus melewati proses pengepresan.

“Kalau secara fungsi sebenarnya sama saja, dua-duanya kuat. Perbaikan yang biasanya bikin orang pilih pelek jari-jari. Waktu ramai pelek jari-jari konsumen minta pelek racing, sekarang pelek racing banyak orang minta pelek jari-jari. Intinya memang orang Indonesia enggak mau standar pabrikan,” kata Dadan, Senin (17/4/2017). 

Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.
Ghulam/Otomania
Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa