Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

25 Ribu Titik Rawan Kecelakaan Bakal Hadir di Google Maps, Jasa Raharja Ungkap Alasannya

Harun Rasyid,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 23 Maret 2023 | 12:11 WIB
Ilustrasi Google Maps rencananya bakal ditambahkan informasi titik rawan kecelakaan lalu lintas.
GridOto.com
Ilustrasi Google Maps rencananya bakal ditambahkan informasi titik rawan kecelakaan lalu lintas.

Otomania.com - Aplikasi peta digital, Google Maps bakal lebih canggih dengan adanya informasi mengenai titik rawan kecelakaan.

Fitur baru titik rawan kecelakaan di Google Maps, menjadi rencana PT Jasa Raharja (Persero) dan Google Indonesia untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas

Rivan Achmad Purwantono, selaku Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) mengungkapkan, langkah ini telah diusulkan pihaknya agar nantinya Google Maps mampu menampilkan informasi titik rawan kecelakaan.

"Sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat saat menggunakan Google Maps tidak hanya diingatkan tentang lokasi yang akan ditempuh, tetapi juga diingatkan lokasi yang rawan kecelakaan," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Rivan menyebut, Jasa Raharja telah memiliki sebanyak 25 ribu titik rawan kecelakaan lalu lintas yang lokasinya tersebar di Indonesia.

Puluhan ribu titik rawan kecelakaan ini lah yang sebaiknya diketahui para pengguna jalan melalui aplikasi tersebut.

"Dari 25 ribu titik, 70 persen sering terjadi kecelakaan. Ini perlu disampaikan kepada masyarakat supaya lebih waspada ketika menggunakan kendaraan," ucapnya.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas
Tribunjabar.id
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Bukan cuma itu, tahun ini Jasa Raharja juga berusaha meningkatkan pelayanannya. Salah satunya dengan penyerahan dana santunan kecelakaan lalu lintas dengan proses yang lebih cepat.

Untuk waktunya, penyerahan dana santunan kecelakaan meninggal dunia dinyatakan hanya 1 hari 4 jam atau meningkat 2 jam dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Anti Kehabisan Saldo, Pengemudi Kini Bisa Cek Tarif Tol Pakai Fitur Baru Google Maps, Begini Caranya

"Sementara untuk santunan luka-luka sebelumnya 12 menit 3 detik, sekarang 11 menit 14 detik (speed berkas), artinya lebih cepat," kata Rivan.

Lebih lanjut, Jasa Raharja juga mencatat performa pelayanan santunan kecelakaan lalu lintas yang sampai Februari 2023 ini sudah sebesar Rp 475,04 miliar.

Jasa Raharja juga terus bekerja sama dengan kepolisian guna memberi edukasi keselamatan berkendara kepada para pengguna jalan.

"Ini menjadi perhatian kita semua, kita ingin masyarakat di tahun 2023 diedukasi kembali tentang pentingnya keselamatan berkendara," tutup Rivan.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa