Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Misteri Posisi Tangki Pertamina Dex Beda Sendiri di Atas Tanah, Karena Harganya yang Termahal di SPBU?

Harun Rasyid,Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 6 Februari 2023 | 19:10 WIB
Ilustrasi tangki BBM di SPBU Pertamina yang berada di bawah tanah kecuali Pertamina Dex.
Kontan.co.id
Ilustrasi tangki BBM di SPBU Pertamina yang berada di bawah tanah kecuali Pertamina Dex.

Otomania.com - Bikin bertanya-tanya, kira-kira kenapa ya cuma tangki BBM Pertamina Dex di SPBU Pertamina yang letaknya di atas tanah?

Padahal di satu SPBU Pertamina, terdapat berbagai macam produk BBM yang masing-masing ditampung dalam tangki tersendiri.

Apakah karena Pertamina Dex yang ditawarkan Rp 16,85 ribu sampai Rp 17,2 ribu per liter, menjadi produk BBM yang harganya paling tinggi dibanding BBM lain di SPBU Pertamina?

Rupanya, hal ini karena faktor volume penjualan BBM diesel dengan Cetane Number (53) yang terbilang berbeda dari produk BBM Pertamina yang lainnya.

“Pertamina Dex merupakan slow moving product, di mana tingkat konsumsinya tidak terlalu tinggi dan tidak selalu memerlukan tangki timbun berkapasitas besar,” ungkap Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading Pertamina) saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Karena itu Irto menyebut, tempat penyimpanan Pertamina Dex (Pertadex) diletakkan pada tangki di atas tanah yang kapasitasnya terbilang tidak terlalu besar.

Enggak penasaran lagi, ini alasan kenapa tangki Pertamina Dex letaknya beda sendiri di atas tanah di SPBU Pertamina
GridOto.com
Enggak penasaran lagi, ini alasan kenapa tangki Pertamina Dex letaknya beda sendiri di atas tanah di SPBU Pertamina

Lebih lanjut, penyimpanan Pertadex di tangki portabel ini juga bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas yang ada di SPBU Pertamina.

Sebab tangki timbun yang berada di bawah tanah, kapasitasnya relatif bervariasi mulai dari 10 hingga 60 ribu liter sehingga membutuhkan luas lahan yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, penggunaan tangki portabel dinilai Pertamina cukup masuk akal mengingat kapasitas tangki portabel umumnya ada di kisaran dua ribu liter atau dua kiloliter.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa