Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Semua Pemilik Motor Matic Honda Tahu, Ini Fungsi Penting Kotak Hitam di Motornya

Dida Argadea,Parwata - Senin, 23 Januari 2023 | 08:15 WIB
Fungsi penting kotak hitam di motor matic  Honda BeAT
Rudy Hansend/
Fungsi penting kotak hitam di motor matic Honda BeAT

Otomania.com - Belum semua pemilik motor matic Honda tahu fungsi penting kotak hitam yang ada di dekat bagian CVT dan roda belakang.

Hampir semua di motor matic Honda seperti, BeAT series, Genio, Scoopy, PCX 160 serta tentu saja Vario 160 terdapat kotak kecil berwarna hitam.

Kotak kecil berwarna hitam yang ada di matic Honda, posisi tepatnya berada di ujung sokbreker bawah berdampingan dengan area box CVT.

lantas apa fungsi penting dari kotak hitam yang ada di motr matic Honda ini?

Danang Priyo Kumoro selaku Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta mengungkapkan, ternyata isi dari kotak hitam tersebut adalah sensor kecepatan atau speed sensor.

“Kotak tersebut berfungsi untuk melindungi sensor yang membaca kecepatan sepeda motor," kata Danang, dalam siaran resmi, Jumat, (20/1/2023).

"Sensor tersebut juga merupakan komponen wajib untuk syarat berfungsinya fitur Idling Stop System atau ISS)," ungkapnya.

Posisinya di bagian belakang, karena sensor membaca kecepatan dari gigi transmisi, dan letaknya di belakang CVT dekat dengan roda belakang skutik Honda.

Selain berfungsi sebagai fitur ISS, sensor tersebut juga memberikan informasi kecepatan motor lewat panel instrumen speedometer.

Baca Juga: Motor Baru Vespa Matic Rp 20 Jutaan Masih Ada, Mesin Injeksinya Lolos Standar BS6, Unik Ada Kick Starternya

Itulah alasannya kenapa di matic Honda kini sudah tak ada lagi kabel di roda depan yang biasa berfungsi sebagai pembaca kecepatan untuk speedometer.

Karena itu, kaki-kaki depannya pun jadi terlihat lebih bersih atau clean.

Karena sensor memiliki peran penting, maka wajib terlindungi agar tak terjadi malfungsi.

“Dengan adanya kotak hitam ini diharapkan sensor kecepatan bisa terlindung dari kotoran serta benturan saat skutik digunakan untuk beragam aktivitas,” pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa