Tabrakan Beruntun Bisa Terjadi kalau Pengemudi Mobil Matic Ngerem Pakai Kaki Kiri, Begini Kata Pakar Safety

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 23 November 2022 | 13:00 WIB
Bahaya ngerem mobil matic pakai kaki kiri.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Bahaya ngerem mobil matic pakai kaki kiri.

Otomania.com - Tabrakan Beruntun Bisa Terjadi kalau Pengemudi Mobil Matic Ngerem Pakai Kaki Kiri, Begini Kata Pakar Safety

Alasan pengoperasian pedal gas dan rem yang ada di mobil matic hanya boleh menggunakan kaki kanan, ternyata berkaitan erat dengan unsur keselamatan dalam berkendara.

Hal ini dijelaskan oleh Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), ia mengatakan menginjak rem dengan kaki kiri pada mobil matic bisa jadi petaka.

"Bahaya, risikonya adalah hard brake akibat tekanan pedal rem mendadak. Mobil belakang tidak sigap dan akhirnya tabrakan beruntun tidak terhindarkan," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (30/9/2022) lalu.

Saat ditanyakan tentang kebiasaan pengemudi zaman sekarang yang sering menggunakan teknik dua kaki mengemudi mobil matic di jalan macet, Sony menyebut, hal itu sia-sia dan tidak bermanfaat, yang ada malah merugikan.

Meski telah terbiasa dan adaptasinya bagus, kerugian yang dialami pemilik mobil berkaitan dengan usia pakai komponen seperti rem dan transmisi matik.

"Sekali lagi saya tekankan, itu bahaya. Adaptasinya bagus sih oke, tapi apakah faktor risiko kerusakan komponen sudah terpikir?," kata Sony.

"Rem pasti otomatis terbebani, termasuk transmisi kerjanya bisa dibilang mirip stop di lampu merah tetap di posisi gigi D," imbuhnya.

Sementara itu, terkait hal tersebut, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan.

Baca Juga: Pemilik Wajib Tahu, Dua Gejala Ini Jadi Tanda Transmisi Mobil Matic Mulai Bermasalah

Kebiasaan menginjak rem mobil matic dengan kaki kiri berisiko buruk terhadap komponen utama transmisi seperti kopling.

"Usia kopling bisa jadi lebih singkat, sebab putaran transmisi dalam girboks tertahan. Tenaga mesin tidak tersalurkan sementara komponen mekanis seperti kopling dan planetary gear sudah bekerja," ujar Andika Herda Permana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Nyetir Mobil Matik Tak Boleh Pakai 2 Kaki? ",


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa