Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tak Hanya Bikin Tampilan Keren, Ini Fungsi Door Visor Mobil saat Musim Hujan

Parwata - Minggu, 9 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi talang air atau door visor
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi talang air atau door visor

Otomania.com - Tak Hanya Bikin Tampilan Keren, Ini Fungsi Door Visor Mobil saat Musim Hujan.

Biasanya di mobil-mobil terdapat atau telah dipasang talang air atau disebut door visor.

Door visor ini selain membuat tampilan mobil menjadi keren atau cantik juga punya fungsi penting khususnya saat musin hujan seperti sekarang ini.

Melansir dari Kompas.com, Yanto selaku mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun,  mengatakan, selain sebagai pemanis tampilan mobil, door visor juga untuk mencegah air hujan masuk ketika kaca jendela dibuka.

“Meski tidak melindungi sepenuhnya, setidaknya door visor mampu mengurangi banyaknya tetesan air yang masuk ketika kaca jendela dibuka,” ucapnya pada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

Yanto mengatakan, door visor hanya mampu melindungi sebagian kecil air hujan  yang menetes, jadi ketika hujan turun sebaiknya kaca tetap ditutup.

“Kaca jendela mobil tetap perlu ditutup ketika hujan turun, karena sebenarnya kegunaan door visor kurang efektif menangkal tetesan air, komponen ini hanya menghalau sebagian saja ketika kaca dibuka untuk sesaat,” bebernya.

Selain itu ia juga mengatakan, antara mobil yang dilengkapi door visor dan tidak maka peluang air masuk ketika kaca dibuka tidak sama. Jadi, mobil dengan door visor memang lebih terlindungi.

“Di dalam kabin, khususnya di pintu kan ada switch power window, itu kan perangkat elektronik, agak sensitif bila terkena air, jadi dengan adanya door visor cukup melindunginya,” tegas Yanto.

Baca Juga: Siap-siap Masuk Musim Hujan, Ganti Wiper Toyota Avanza, Segini Ukuran dan Harganya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa